nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juventus 50 vs 50 AC Milan

A. Firdaus, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2012 14:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 03 20 282 596657 ovLIxccAkE.jpg Duel antara Milan vs Juventus pada leg pertama semi final Coppa Italia di San Siro (foto: Getty Images)

Aroma dendam bakal tersaji di Juventus Stadium, kala AC Milan harus melawat ke markas Juventus dalam hajatan leg kedua semi final Coppa Italia musim ini. Milan sangat berambisi mengalahkan Juve yang belum mencicipi kekalahan satu pun di musim ini.

 

Dendam Milan bertumpuk, selain kekalahan 1-2 di San Siro pada leg pertama Coppa Italia, mereka juga gagal membalasnya di ajang Serie A. Gol Sulley Muntari pun menjadi korbannya. Ini melengkapi rasa penasaran Rossoneri yang belum bisa mengalahkan Juve dalam tiga pertandingan terakhir musim ini.

 

Namun situasi sulit justru dihadapi pelatih Massimiliano Allegri. Selain harus mengejar defisit dua gol, mantan pelatih Cagliari itu juga harus kehilangan banyak pemain. Beberapa punggawa I Diavolo Rosso terpaksa tidak dibawa ke Turin.

 

Di lini depan yang masuk daftar perawatan adalah Alexandre Pato, Cassano, dan Robinho, sementara di lini sentral ada Kevin Prince Boateng dan Mark van Bommel (yang kemungkinan bisa pulih saat pertandingan). Sedangkan di lini belakang, ada Ignazio Abate, Alessandro Nesta, dan Mathieu Flamini.

 

Selain faktor cedera, Milan juga dihadapi dengan persiapan mereka menghadapi laga Serie A melawan AS Roma akhir pekan nanti dan partai super krusial saat menjamu Barcelona Kamis (29/3/2012) WIB nanti di ajang perempat final Liga Champions.

 

Otomatis Allegri harus membagi konsentrasi dalam menghadapi beberapa laga penting yang datang selama seminggu ke depan. Itu bisa menjadi hambatan yang bisa menghalangi mereka meraih tiket lolos ke final Coppa Italia.

 

Lain halnya dengan yang dihadapi Juve. Bianconeri saat ini tengah berada di puncak penampilan mereka setelah membantai Fiorentina 5-0 di Serie A akhir pekan lalu. Hal itu disahkan oleh allenatore, Antonio Conte di mana partai melawan La Viola merupakan penampilan terbaik Juve di musim ini.

 

Apalagi La Vecchia Signora memiliki modal kemenangan 2-1 yang diraih mereka saat bertandang ke San Siro pada 9 Februari silam.

 

Untuk masalah pemain, Conte tampaknya akan melakukan rotasi demi menjaga kebugaran dari para pemainnya. Bahkan Conte bakal mengistirahatkan portiere andalan mereka, Gianluigi Buffon.

 

Selain Buffon yang beristirahat, Alessandro Matri dan Andrea Barzagli juga bakal tidak ikut. Matri harus absen karena mengalami masalah pada kaki kanannya. Sementara Barzagli masih dalam tahap recovery, usai cedera saat melawan Chievo.

 

Tapi itu bukan kendala yang berarti. Sebab Juve hanya butuh hasil imbang atau kalah 0-1 untuk bisa melenggang lolos ke final. Yang harus diwaspadai adalah ambisi dari attaccante Milan, Zlatan Ibrahimovic yang ingin membuat Juve merasakan kekalahan pertamanya di tangan Milan.

 

Di sini peran Giorgio Chielini sangat dibutuhkan. Chielini selalu bermain lebih jika berhadapan dengan Ibra. Keduanya selalu mengeluarkan gesekan-gesekan yang membuat pertandingan Juve-Milan selalu menarik.

 

Dari segi formasi, Milan kemungkinan akan menurunkan duet Ibra dan Stephan El Sharaawy di lini depan, untuk bisa menggedor lini pertahanan Juve. Milan juga bakal dipastikan mengejar gol-gol tersebut sejak awal. Terbukti dari 50 persen gol yang dicetak Milan, datang pada periode menit ke-15 dan 30.

 

Catatan bagus juga dimiliki Firaun Kecil (julukan El Sharaawy), dia merupakan pencetak gol ke gawang Bianconeri di pertemuan pertama. Permainannya juga telah menyatu dengan tim, terutama jika diduetkan dengan Ibra. Selain El Sharaawy, Urby Emanuelson yang tengah on-fire, bisa membantu terwujudnya ambisi Ibra.

 

Sedangkan di kubu Juve, mereka kemungkinan bakal memasang modul 3-5-2 yang menjadi andalan Conte saat ini di Coppa Italia ataupun di beberapa pertandingan terakhir Serie A. Formasi tersebut bisa berubah di tengah pertandingan menjadi 4-3-3.

 

Sang Legenda, Alessandro Del Piero akan memimpin Juve. Conte mempersiapkan laga ini, yang kemungkinan bakal menjadi laga terakhir Del Piero di ajang Coppa Italia saat bermain di stadion baru mereka.

 

Attacante 37 tahun itu bakal didampingi oleh Fabio Quagliarella, ataupun Marco Borriello. Bisa saja di pertengahan babak kedua, Mirko Vucinic akan diturunkan, jika diperlukan.

 

Head to Head

(26/2/2012) Serie A  Milan 1 vs 1 Juventus

(09/2/2012) Coppa Italia  Milan 1 vs 2 Juventus

(3/10/2012) Serie A  Juventus 2 vs 0 Milan

(22/08/2011) persahabatan Milan 2 vs 1 Juventus

(6/3/2012) Serie A Juventus 0 vs 1 Milan

 

Prediksi Skuad:

Juventus: Storari, Chiellini, Caceres, Pepe, Marchisio, Del Piero, De Ceglie, Vucinic, Elia, Quagliarella, Bonucci, Padoin, Pirlo, Manninger, Vidal, Boriello, Giaccherini, Lichtsteiner, Krasic, Estigarribia, Branescu dan Marrone.

 

AC Milan: Abbiati, Zambrotta, Mexes, Thiago Silva, Mesbah, Gattuso, Ambrosini, Aquilani, Ibrahimovic, Emanuelson, El Sharaawy, Amelia, Antonini, Bonera, Nocerino, Muntari, Maxi Lopez, Inzaghi.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini