nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AS Roma 55-45 Genoa

Fitra Iskandar, Jurnalis · Senin 19 Maret 2012 17:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 03 19 282 596122 yxvYQKUF3z.jpg Fabio Borini.(foto:Getty Images)

Roma dan Genoa akan melakoni laga penting nanti malam. Kedua tim dipastikan memiliki ambisi sama besar untuk merebut tiga poin saat keduanya bentrok di Stadio Olimpico Roma dini hari nanti.

 

Roma wajib menang jika ingin memelihara asa menebus jatah Europa League musim ini, karena Srigala Ibu Kota masih tercecer di posisi enam, dengan selisih enam poin dengan Udinese di peringkat lima. Namun skuad Luis Enrique masih menyimpan satu laga. Jika sukses mengandaskan Genoa nanti, Roma akan memangkas poin menjadi tersisa tiga poin dengan Udinese.

 

Sementara, bagi Genoa kemenangan di kandang Roma akan membuat mereka menjauh dari zona degradasi di mana mereka hanya berselisih tujuh poin dengan Lecce di posisi 18. Sebaliknya, jika kalah, hasil itu akan membuat Rossoblu, julukan Genoa harus lebih ekstra keras berjuang di laga berikut, salah satunya menghadapi Inter Milan di pekan 30.

 

Sayangnya Genoa mengantongi modal kurang meyakinkan sebelum melawat ke Olimpico. Skuad Pasquale Marino tidak menunjukkan performa apik dalam beberapa laga terakhir. Ketika menghadapi tim papan bawah Lecce, Genoa hanya bisa bermain imbang.

 

Kemenangan terakhir mereka raih saat menjamu Lazio dengan skor 3-2, namun setelah itu Genoa terjerembab di kandang Catania dengan kekalahan telak 4-0. Di lima laga terakhir tiga hasil imbang diraih termasuk terakhir melawan Juventus, sementara duanya berakhir kekalahan.

 

Catatan penting bagi Marino adalah lini belakang skuadnya tidak bisa menjaga konsentrasi bagus di 20 menit paruh akhir pertandingan. Bukti sahih grafik negatif Kakhaber Kaladze dkk menjaga benteng pertahanan adalah lima gol yang bersarang ke gawang Sebastien Frey, lesak menjelang akhir laga.

 

Jika ingin membawa pulang poin penuh, Marino harus mencari strategi yang pas untuk menambal kelemahan itu. Karena jika tidak, striker Roma Fabio Borini bisa memetik keuntungan dari situasi tersebut.

 

Borini akan menjadi ancaman serius bagi Genoa, mengingat striker 20 tahun yang baru dipanggil Timnas Italia ini sedang tampil gemilang bersama Serigala Roma. Sejauh ini Borini memang impresif. Sembilan gol telah disumbangkannya untuk Roma dari 17 kali penampilan. Dan perlu diingat, empat gol Roma di empat laga terakhir semuanya lahir dari aksi Borini.

 

Sayangnya, Roma musim ini sering tampil kurang konsisten. Dari lima partai terakhir, dua kali I Lupi tak berdaya dibekap tim semenjana seperti Atalanta (1-4) dan Siena (0-1). Apalagi rekor pertemuan terakhir juga tidak mendukung tim Ibu Kota. Oktober lalu, Roma juga takluk di tangan Genoa 2-1. Ketika itu, satu gol Roma merupakan gol pertama Borini untuk klub itu.

 

Melihat peta kekuatan ini, Roma dan Genoa memiliki kans sama besar merebut poin penuh untuk mendukung misi masing-masing. Hanya sebagai tuan rumah Roma tentu saja memiliki keuntungan lebih dalam laga nanti.

 

Prediksi skuad

 

Roma

B. Lobon>, G. Heinze, A. Rosi, S. Kjær, José Ángel, D. De Rossi, F. Gago, L. Greco, E. Lamela, F. Totti, F. Borini.

 

Genoa

S. Frey, E. Moretti, K. Kaladze, Roger Carvalho, D. Biondini, M. Rossi, J. Kucka, A. Gilardino, R. Palacio, B. Jankovi*, G. Sculli.

 

Head to head

Genoa 2-1 Roma

Genoa 4-3 Roma

Roma 2-1 Genoa

Roma 3-0 Genoa

 

Rekor 5 partai terakhir Roma

Palermo 0-1 Roma

Roma 1-2 Lazio

Atalanta 4-1 Roma

Roma 1-0 Parma

Siena 1-0 Roma

 

Rekor 5 partai terakhir Genoa

Genoa 0-0 Juventus

Lecce 2-2 Genoa

Genoa 2-2 Parma

Genoa 0-1 Chievo

Atalanta 1-0 Genoa

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini