Taksi di Palangkaraya Hanya 6 Unit, Kongres PSSI Jadi Berkah

Windi Wicaksono, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2012 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 17 51 594986 cyMBKAJQSp.jpg Sutirman dan taksinya.(foto:Windi W/okezone)

PALANGKARAYA - Digelarnya Kongres Tahunan PSSI di Palangkaraya, Kalimantan Tengah ternyata menjadi berkah tersendiri bagi sebagian warga di kota tersebut.

Memiliki bandara yang tak terbilang kecil bernama Tjilik Riwut, Palangkaraya terbilang kota yang tak terlalu ramai, namun lingkungannya bersih dan tertib. Tak heran bila kedatangan rombongan PSSI menjadi tambahan rejeki tersendiri bagi warga. Khususnya yang mencari nafkah dari sarana transportasi.

Seorang sopir taksi bernama Turiman mengaku dengan adanya Kongres PSSI, pendapatannya mengalami peningkatan drastis. Maklum jumlah taksi di kota ini hanya enam unit sehingga dampak kenaikan pengunjung ke kota ini langsung terasa dampaknya.

"Wah biasanya mah sehari hanya dapat Rp150 sampai Rp200 ribu, tapi ada tamu dari PSSI sehari saya bisa dapat Rp400 ribu lebih," ujar Turiman yang asli Jawa Timur ini kepada Okezone, Sabtu, (17/3/2012).

Mobil taksi di Palangkaraya sendiri kebanyakan mobil "buangan" dari Jakarta. Karena jumlahnya sangat sedikit tidak ada toko onderdil yang bisa menyediakan suku cadang yang memadai bagi armada-armada taksi itu.Makanya, bila alat untuk mencari nafkah itu bermasalah, Turiman dan teman-temannya cukup kesulitan.

"Kalau mobil lagi ngadat, terus mau dibetulin, susah mas cari onderdilnya di sini, minta kirimin dari Jakarta, nggak dateng-dateng," ucap pria 49 tahun yang baru tiga bulan tinggal di Palangkaraya ini.

Sementara itu, salah satu hotel di Palangkaraya, Amaris Hotel juga kebanjiran pemesan kamar. Dari 53 kamar yang ada, hari-hari biasa hanya terisi 30, tapi saat ada Kongres PSSI, jauh meningkat.

"Yah kalau hari-hari biasa paling 30 kamar yang terisi, sekarang full terisi. Biarpun acara acara PSSI bukan di hotel ini, tapi ada tamu-tamu yang menginapnya di sini," terang resepsionis hotel, Julian.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini