Penalti Pazzini Tak Mampu Selamatkan Inter

Sebastianus Epifany, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2012 04:42 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 14 261 592655 t9ylGhP0Xw.jpg Kegembiraan sesaat Diego Milito ketika mencetak gol (Foto: Daylife)

MILAN - Inter Milan harus menelan pil pahit gagal melaju ke babak delapan besar Liga Champions meski menang 2-1 dari Olympique Marseille karena kalah agregat gol tandang. Gol Inter dicetak Diego Milito dan Giampaolo Pazzini, sementara gol Marseille dicetak oleh Brandao.

Nerazuri yang butuh kemenangan langsung tampil menyerang sejak awal dengan mengandalkan Duo Diego, Diego Milito dan Diego Forlan sebagai penyerang. Sementara itu Marseille bermain hati-hati dengan mengandalkan serangan balik.

Inter nyaris membobol gawang Marseille di menit ketujuh. Javier Zanetti menyisir sisi kanan kotak penalti Marseille dan melepas umpan ke Wesley Sneijder yang langsung melepas tembakan. Sayang tendangannya berhasil ditepis kiper Steve Mandanda.

Inter kembali mendapat peluang pada menit ke 10. Sneijder melepas umpan akurat ke Milito, yang berdiri bebas dan langsung menggunakan dadanya untuk mengarahkan bola ke gawang. Sayang, Mandanda kembali beraksi menggagalkan peluang Inter.

Setelah beberapa kali kedua tim saling berganti serangan, akhirnya Inter kembali mendapat peluang di menit 44 lewat tendangan bebas Sneijder. Namun lagi-lagi Mandanda tampil impresif menangkap bola dan membuat skor kacamata bertahan hingga turun minum

Inter kembali tampil dengan permainan terbuka di babak kedua, namun tak kunjung mampu menembus pertahanan Marseille. Malahan Julio Cesar yang harus bekerja keras menepis sundulan Alou Diarra pada menit ke 69. Nyaris saja Marseille mencetak gol.

Milito akhirnya memecah kebuntuan Inter pada menit ke 75. Berawal dari kemelut di depan gawang Marseille, Milito yang berdiri bebas langsung menyontek bola ke dalam gawang lawan tanpa mampu dijangkau Mandanda. Skor berubah menjadi 1-0 dan agregat kini 1-1 bagi kedua tim. Inter seakan mendapat nafas kehidupan baru lewat gol tersebut.

Mandanda kembali membuat penyelamatan bagi timnya, setelah menghalau tendangan bebas Maicon di menit ke 84. Satu menit berselang, Inter kembali nyaris membobol gawang Mandanda andai sundulan Cambiasso tidak melebar keatas gawang Marseille.

Alih-alih mencetak gol, Inter malah menelan pil pahit di menit 92’ setelah lewat serangan balik Brandao mencetak gol bagi Marseille, yang merubah kedudukan menjadi 2-1. Inter yang tidak menyerah terus menyerang dan mendapat hadiah penalti, setelah Pazzini dijatuhkan Mandanda di kotak terlarang.

Pazzini berhasil menjadi algojo yang baik di menit 96, ketika tendangannya menaklukan kiper Gennaro Bracigliano. Sayang, skor 2-2 tidak mampu menyelamatkan La Beneamata yang kalah gol tandang dari Marseille, dan membuat mereka gagal lolos ke babak delapan besar Liga Champions, karena tiket lolos menjadi milik lawan mereka.

Susunan Pemain:

Inter Milan: Julio Cesar, Lucio, J. Zanetti, Maicon, W. Samuel, Y. Nagatomo, W. Sneijder (Obi/58’), D. Stankovic, A. Poli (Cambiasso/74’), D. Forlán (Pazzini/58’), D. Milito.

Olympique Marseille: S. Mandanda, J. Morel, S. Diawara, Azpilicueta, N. N'Koulou, A. Diarra, M. Amalfitano, S. M'Bia, M. Valbuena (Cheyrou/76’), L. Rémy (Brandao/88’), A. Ayew (G. Bracigliano/95’)

(seb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini