Gomez Quattrick, Bayern Ganyang Pembunuh Raksasa

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2012 04:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 14 261 592653 PZsS3ZWvSU.jpg Berbekal agregat 7-1, Bayern Munich melangkah ke perempat final Champions League (Foto: Daylife)

MUNICH – Petualangan luar biasa FC Basel musim ini sudah rampung dengan menyesakkan. Sempat melempar raksasa Manchester United di babak grup dan menang 1-0 di leg pertama atas Bayern Munich, akhirnya perjalanan mereka terhenti di Allianz Arena.

Ya, peluang mencatatkan sejarah untuk lolos ke babak perempat final bagi FC Basel sudah tertutup setelah dijungkalkan Bayern 0-7 di leg kedua babak 16 besar Champions League, dini hari tadi.

Di babak pertama, tak perlu lama menunggu Bayern membuka keunggulan di menit ke-10. Robben menjadi aktor protagonis raksasa Bavaria dengan mengawali keunggulan Bayern. Berawal dari sepakan Mario Gómez yang membentur bek Basel, bola liar pun langsung dikonversi Robben menjadi gol pertama Bayern.

Bayern kian beringas di akhir-akhir babak pertama. Tepat di menit ke-42, Thomas Müller menggandakan skor menjadi 2-0. Sontekan Müller yang menyambut umpan dari Robben, mampu membalikkan agregat menjadi 2-1.

Tim tuan rumah benar-benar menunjukkan supremasinya. Gol ketiga Bayern tertoreh di menit ke-45. Berawal dari crossing Toni Kroos, Mario Gómez menyambutnya dengan sontekan yang merobek gawang Sommer untuk ketiga kalinya sekaligus memperlebar agregat menjadi 3-1 bagi Bayern dan bertahan hingga turun minum.

Bayern tak mengendurkan tekanan sejak wasit Mark Clattenburg asal Inggris meniupkan peluit tanda dimulainya lagi laga leg kedua ini. Selang 5 menit setelah babak kedua dimulai, gawang Basel kembali digoyang untuk keempat kalinya.

Adalah Gómez yang kembali memperlebar agregat dengan gol keduanya dini hari ini. Berawal dari umpan manis Franck Ribéry yang mengarah ke kaki Gómez di depan mulut gawang Basel, sontekan halus pun dilayangkan dan gol keempat tercipta sekaligus merubah papan skor menjadi 4-0.

Gómez menambah derita tamunya asal Swiss itu dengan torehan Hattrick-nya yang tercipta di menit ke-62. Gómez harus berterima kasih kepada Ribéry yang sebelumnya membuat bek-bek Basel kocar-kacir dan memberi assist pendek yang kemudian ditanduk Gómez. Skor berubah lagi, 5-0 untuk sang raksasa Bavaria.

Dini hari ini nampaknya menjadi malam yang begitu buruk untuk Basel. Gómez kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk keempat kalinya, alias torehan Quattrick di menit ke-67. Ribéry kembali melayani Gómez yang tanpa ampun menghujamkan bola ke gawang Sommer. Kedudukan 6-0 untuk Bayern (Agg.6-1).

Sesak rasa hati Reisebus (pelatih) Basel, Heiko Vogel di menit ke-81. Pasalnya Basel kembali menelan gol ketujuh Bayern yang dilesakkan Robben berkat assist Bastian Schweinsteiger yang merubah skor 7-0 (Agg. 7-1) yang bertahan hingga akhir.

Susunan Pemain:

Bayern Munich: Manuel Neuer, Philip Lahm, Jérôme Boateng, Holger Badstuber, Arjen Robben/Anatoliy Tymoschuk (82’), Franck Ribéry/Danijel Pranjic (79’), Luiz Gustavo, Toni Kroos, David Alaba, Mario Gómez, Thomas Müller/Bastian Schweinsteiger (70’)

FC Basel: Yann Sommer, Markus Steinhöfer/Philip Degen (70’), David Abraham, Park Joo-Ho, Aleksandar Dragovic, Adilson Cabral, Fabian Frei/Valentin Stocker (62’), Xherdan Shaqiri/ Jacques Zoua (80’), Granit Xhaka, Alexander Frei, Marco Streller.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini