nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Talenta Muda Puaskan Persibo

Kukuh Setiawan (Koran Sindo), Jurnalis · Sabtu 25 Februari 2012 04:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 02 25 49 582252 pTbBwVYueT.jpg

BOJONEGORO - Mengawali kompetisi Indonesian Premier League (IPL) dengan modal terbatas, Persibo Bojonegoro musim ini nyaris tanpa bintang. Selain Samsul Arif, tidak ada nama lain yang layak disebut pemain kelas wahid.

 

Situasi seperti ini membuat tim berjuluk Laskar Angling Dharma bertekad mengoptimalkan produk lokal. Pemain-pemain muda potensial asli Bojonegoro menjadi prioritas untuk dikembangkan. Pelatih Paulo Camargo juga tak keberatan dengan konsep tersebut.

 

Setelah mengarungi hampir separuh musim, konsep yang diterapkan Persibo mulai menampakkan hasil. Sejumlah pemain muda asli Kota Ledre berhasil mencuri perhatian dan sempat mengikuti seleksi tim nasional U-21. Malah beberapa nama sudah masuk tim utama.

 

Pemain yang masuk tim reguler Persibo diantaranya Wahyu Teguh dan Sigit Miko Susanto. Khusus Sigit posisinya sudah paten di lini pertahanan dan belum tergantikan. Sedangkan Wahyu Teguh masih harus bersaing dengan pemain senior macam Muhammad Nur Iskandar.

 

Di belakang dua nama itu, masih ada pemain seperti Bijahil Chalwa, Didik Bagus Triono dan Syahroni. Mereka masih antri sekaligus berjuang keras untuk bisa menembus tim utama. Keberadaan pemain-pemain itu sudah memuaskan manajemen.

 

“Sejauh ini misi Persibo untuk mengangkat pemain muda sudah menampakkan hasil. Mungkin tidak semua langsung masuk tim inti karena jelas akan bertahap sesuai kebutuhan tim. Pelatih juga sangat memperhatikan perkembangan mereka,” kata Manajer Persibo Nur Yahya.

 

Kepercayaan Pelatih Persibo Paulo Camargo terhadap kemampuan pemain lokal memang sangat memengaruhi. Bagaimana tidak, pemain seperti Sigit Miko Susanto maupun Wahyu Teguh terbilang masih minim pengalaman di kompetisi level tertinggi.

 

Tapi di usianya yang masih muda, keduanya sudah bisa menjawab kepercayaan pelatih. Bahkan Bijahil Chalwa yang sejauh ini hanya menjadi pemain pengganti sudah menyita perhatian dan sempat diberi kesempatan mengikuti seleksi timnas U-21.

 

Ternyata, Paulo Camargo mempunyai target tersendiri untuk pemain mudanya, yakni masuk timnas U-21. Pemain-pemain di atas diharapkan bisa masuk timnas dalam waktu dekat, yang secara otomatis bakal memberikan pengalaman baru.

 

Asisten Pelatih Wanderley Junior menuturkan staf pelatih sangat percaya pada kemampuan pemain muda dan berupaya memberikan kesempatan di pertandingan resmi. Langkah menyisipkan pemain muda di tim senior menurutnya sudah menunjukkan hasil.

 

“Pelatih (Paulo Camargo) berkeinginan mencetak pemain muda yang bisa menjadi bagian dari timnas. Salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada mereka. Menurut saya pemain seperti Wahyu Teguh dan Sigit Miko sudah layak memperkuat timnas,” tutur Wanderley.

 

Dari sisi manajemen, perkembangan pemain muda ini berarti sinyal positif. Paling tidak kebutuhan akan pemain di masa mendatang bisa tercukupi tanpa harus banyak berbelanja. Manajemen juga berharap pemain senior seperti Samsul Arif bisa menjadi inspirasi dan memberikan bimbingan untuk pemain muda.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini