nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mourinho Dituding Hina Kaum Gay

Achmad Firdaus, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2012 13:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 02 23 200 581117 0GOaWurmqB.jpg Jose Mourinho saat memberikan instruksi kepada para pemainnya (Foto: Daylife)

MOSKOW - Jose Mourinho kembali harus menuai kecaman akibat komentar yang dilontarkannya. Anehnya, kali ini kecaman datang dari kaum Gay. Walah..

Mourinho baru-baru ini ramai dikecam komunitas Gay dan Lesbian Eropa atau European Gay and Lesbian Sports Federation (EGLSF). Pemicu kecaman ini adalah komentar Mou saat tengah melakukan inspeksi lapangan jelang duel Madrid kontra CSKA Moskow pada babak 16 besar Liga Champions di Stadion Luzhniki, tengah pekan lalu.

Saat tengah mengecek kondisi lapangan, Mou tertangkap kamera stasiun televisi lokal, Quatro, melontarkan kata “maricones” kepada ofisial pertandingan. Kata ‘maricones’ sendiri dalam bahasa Inggris berarti “Faggots” yakni ungkapan yang biasa dilontarkan untuk menghina kamu sesama jenis (Gay, Lesbian dsb).

Mengetahui hal ini, Louise Englefield, wakil presiden EGLSF langsung bereaksi. Dia meminta pihak UEFA segera mengambil tindakan atas apa yang dilakukan Mou.

“Kami tidak bisa menerima hal ini. Apalagi dari salah satu tokoh paling senior di sepakbola. Kami sangat kecewa bahwa Mourinho santai menggunakan istilah makian untuk kaum gay saat sedang bekerja,” tegas Louise dikutip Daily Mail, Kamis (23/2/2012).

“Kami merasa itu tidak pantas dilontarkan Mourinho, apalagi dalam momen kampanye sepakbola Internasional vs Homophobia. Untuk itu, kami meminta UEFA untuk mengambil tindakan dan menjatuhkan sanksi,” pungkasnya.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini