nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalahkan Ghana, Zambia Sukses ke Final

Muhammad Indra Nugraha, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2012 01:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 02 09 51 572257 q0a72l0jsv.jpg Gol semata wayang dari Emmanuel Mayuka berhasil membawa Zambia ke final. (Foto: Daylife)

BATA – Zambia akhirnya memastikan diri ke babak final Piala Afrika 2012 usai mengalahkan Ghana dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Zambia berhasil diciptakan oleh Emmanuel Mayuka di menit 76.

Pada babak semi final Piala Afrika 2012 yang berlangsung di Estadio de Bata, Kamis (9/2/2012) dini hari WIB, kedua tim bermain dengan cukup sengit selama 90 menit dan terus terlibat jual beli serangan. Namun pada akhirnya tim berjuluk The Black Stars harus menelan kekalahan dengan skor tipis 1-0 oleh Zambia.

Dengan kemenangan ini Zambia berhasil mendapatkan tiket ke babak final Piala Afrika 2012. Zambia tinggal menunggu pemenang dari laga semi final lainnya antara Mali dan Pantai Gading sebagai lawannya di babak final nanti.

Babak Pertama:

Sejak peluit babak pertama dibunyikan Zambia langsung berinisiatif melakukan serangan terlebih dahulu ke daerah pertahanan Ghana. Sayang, barisan belakang tim asuhan Goran Stevanovic ini masih terlalu tangguh untuk ditembus.

Tak ingin timnya terus diserang para punggawa Ghana pun langsung mencoba membalikkan keadaan. Alhasil, kedua tim terlibat jual beli serangan dan terus bermain di sektor tengah.

Ghana mendapatkan peluang pertama mereka lewat titik putih di menit ke-8 usai pemainnya dilanggar oleh bek Zambia. Sayang, Asamoah Gyan yang menjadi eksekutor penalti tersebut masih gagal memanfaatkan peluang terbaik timnya.

Pasalnya, kiper Kennedy Mweene masih dapat mematahkan tendangan Gyan yang terlampau lemah dan gampang terbaca. Memasuki menit ke-10 Ghana kembali mendapatkan peluang untuk membuat gol melalui tendangan bebas. Namun, pagar hidup pemain Zambia masih dapat menahannya.

Menit ke-13 Ghana kembali lagi mendapatkan tendangan bebas usai pemainnya, Jordan Ayew dijatuhkan di luar kotak penalti. Namun, kembali gagal dikonversi menjadi sebuah gol.

Tidak ingin dibobol terlebih dahulu para pemain Zambia mencoba untuk memanfaatkan lewat serangan-serangan baliknya. Akan tetapi usaha mereka selalu digagalkan oleh para pemain belakang Ghana.

Di menit ke-31 Ghana malah kembali mendapatkan peluang ketika Jordan Ayew tinggal berhadapan langsung dengan Kennedy tapi sang kiper masih dapat memblok tendangannya tersebut.

Zambia kembali melakukan serangan balik di menit ke-33 lewat pemain mereka Stophira Sunzu. Sayang, tendangannya yang cukup keras dari dalam kotak penalti masih melebar dari gawang Ghana yang dikawal oleh Adam Kwarasey.

Memasuki menit-menit terakhir para pemain Ghana terus mendapatkan peluang akan tetapi tidak ada yang berbuah gol. Sedangkan, serangan balik Zambia masih selalu dipatahkan bek-bek Ghana. Alhasil, kedua tim harus menyelesaikan babak pertama dengan skor kacamata alias 0-0.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, kedua tim kembali melakukan permainan yang cukup terbuka meskipun Ghana lebih mendominasi jalannya pertandingan. Ghana mulai membuka peluang pertamanya di menit ke-49 melalui Jordan Ayew, namun tendangannya masih melebar.

Peluang Ghana kembali diciptakan oleh John Boye tapi tendangannya masih dapat ditepis oleh sang kiper. Hal tersebut terjadi juga oleh Asamoah Gyan yang mana tendangannya masih dapat diselamatkan kiper Mweene yang pada laga ini tampil cukup mengesankan.

Alih-alih terus melakukan serangan ke daerah Zambia, para pemain Ghana malah harus terdiam ketika pemain pengganti, Emmanuel Mayuka, berhasil melesatkan tendangan yang cukup keras ke gawang Ghana pada menit 76. Gol tersebut membuat Zambia unggul 1-0.

Usai tertinggal satu gol para pemain Ghana kembali melakukan permainan dengan cukup cepat dan terus menusuk daerah pertahanan Zambia. Akan tetapi kiper Mweene masih cukup tangguh dalam menyelamatkan gawang Zambia.

Hingga babak kedua usai para pemain Ghana gagal menyamakan kedudukan dan harus takluk dengan skor tipis 1-0. Dengan kemenangan ini pasukan Zambia berjalan dengan mulus ke babak final Piala Afrika 2012.

Susunan Pemain:

Zambia: Kennedy Mweene; Hichani Himoonde, Francis Kasonde (C. Lungu ’66), Joseph Musonda, Stophira Sunzu, Davis Nkausu, Isaac Chansa, Rainford Kalaba, Nathan Sinkala, Chris Katongo, James Chamanga (E. Mayuka ’46)

Ghana: Adam Kwarasey, John Mensah (I. Vorsah ’72), John Boye, Samuel Inkoom, Lee Addy, Derek Boateng, Anthony Annan, Kwadwo Asamoah, Asamoah Gyan (P.Tague ’74), Andre Ayew (S.Muntari '86),  Jordan Ayew.

(acf)

Berita Terkait

Piala Afrika 2012

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini