Share

Roeslan, Mantan Wasit FIFA Meninggal Dunia

Nur Syafei, Sindo TV · Senin 06 Februari 2012 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 06 51 570295

SURABAYA - Dunia sepak bola Indonesia kehilangan salah satu figur terbaiknya, Hatta Roeslan. Mantan wasit sepak bola FIFA sekaligus bapak futsal Indonesia ini meninggal Minggu sore kemarin.

 

Hatta Roeslan meninggal di usia 78 tahun di Rumah Sakit Katolik Santo Vincentius A Paulo Surabaya pada pukul 17.00 WIB. Ruslan dibawa ke rumah sakit karena terjatuh di rumahnya.

 

Menurut Ari Purwandari, putri pertama Roeslan, hasil diagnosa dokter menyebutkan ayahnya meninggal dunia akibat serangan jantung mendadak.

 

Semasa hidupnya, almarhum dikenal sebagai seorang ayah yang rajin ibadah dan jujur serta berdisipilin tinggi. Menurut Ari saat menjadi wasit Roeslan beberapa kali dicoba untuk disuap namun ayahnya selalu menolak.

 

Kejujuran Roeslan juga diakui oleh teman sesama wasit lainnya, Samuel Sanyoto. Menurut dia, Roeslan tergolong wasit yang disiplin tinggi namun juga rendah diri. Bahkan tidak jarang almarhum berbagi ilmu kepada para wasit junior.

 

Hatta Roeslan aktif sebagai wasit di AFC dan FIFA. Lebih dari 16 pertandingan di Asia maupun Eropa dipimpin. Almarhum meninggalkan seorang istri, tiga anak dan 10 cucu. Menurut rencana almarhum akan dimakamkan di pemakaman Islam Menur Pumpungan Surabaya.

 

Selain aktif di korps pengadil Roeslan juga dikenal sebagai pencetus sekaligus bapak futsal Indonesia. Tahun 2006 Roeslan ikut andil dalam menuangkan peraturan permainan futsal FIFA.

 

Karier Hatta Roeslan :

 

- Wasit PSSI dari tahun 1965 hingga 1986

- Wasit FIFA 1968 – 1984

- Referee’s instructur course KNVB Academy Zeist Belanda 1998

- Referee’s instructur course FAI/AFF tahun 2000

- Pengawas pertandingan PSSI 1985 – hingga 2001

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini