nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Drogba & Yaya Bawa Pantai Gading ke Semi Final

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2012 04:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 02 05 51 569686 gIsELKwu3c.jpg Selebrasi Didier Drogba usai menyumbang dua gol kemenangan Pantai Gading atas Guinea Ekuatorial (Foto: Daylife)

MALABO - Didier Drogba dan Yaya Toure jadi aktor utama dibalik kesuksesan Pantai Gading lolos ke semi final African Cup 2012. Gol yang dicetak dua bintang Premier League ini membawa Pantai Gading menyingkirkan tuan rumah Guinea Ekuatorial.

Bertanding di Nuevo Estadio de Malabo, Minggu (5/2/2012) dini hari WIB, Pantai Gading harus menghadapi perlawanan Guinea Ekuatorial yang mendapat dukungan penuh penonton.

Meski banyak dihuni pemain bintang macam, Didier Drogba (Chelsea), Salomon Kalou (Chelsea) serta duo bersaudara dari Manchester City, Yaya dan Kolo Taoure, The Elephants -julukan Pantai Gading- tak lantas memetik kemenangan dengan mudah.

Terbukti, Pantai Gading baru bisa membuka keunggulan di menit ke-36. Adalah Didier Drogba yang memecah kebuntuan timnya dengan sebuah sepakan keras yang meluncur deras ke pojok bawah gawang Emmanuel Danilo Clementino Silva, kiper Guinea Ekuatorial. Kedudukan 1-0 untuk Pantai Gading bertahan hingga turun minum.

Selepas rehat, Pantai Gading mulai nyaman mengendalikan. Faktor pengalaman membuat Drogba dkk mampu mengatasi tekanan publik tuan rumah.

Setelah beberapa kali menebar ancaman, Drogba akhirnya sukses mencetak gol keduanya di pertandingan ini atau yang ketiga sepanjang turnamen. Kali ini gol dilesakkan bomber veteran Chelsea dengan sebuah sundulan mematikan menyambut umpan silang Yaya Toure di menit ke-69.

Kedudukan 2-0 membuat Pantai Gading kian percaya diri. Anak-anak asuh Francois Zahoui terus menekan pertahanan tuan rumah yang mulai pesimistis bisa bangkit dan membalikkan keadaan.

Memasuki 10 menit terakhir, Yaya Toure memastikan kemenangan Pantai Gading dengan sebuah tendangan bebas akurat yang menghujam deras pojok kanan gawang Danilo.

Gol Yaya Toure di menit ke-81 ternyata menjadi gol penutup di pertandingan ini. Alhasil, Pantai Gading sukses mengikuti jejak Zambia yang telah lebih dulu lolos ke semifinal. Di babak empat besar nanti, Pantai Gading akan menantang pemenang antara Mali kontra Gabon.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini