nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menang Susah Payah, Barca Jaga Peluang

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2012 06:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 02 05 46 569695 l3KYQRXMF9.jpg Gol Lionel Messi ke gawang Sociedad (Foto:Getty Images)

BARCELONA - Barcelona harus bekerja ekstra keras untuk menundukkan Real Sociedad. Lionel Messi menyumbang satu gol untuk membawa Barca menang 2-1 sekaligus menjaga peluang bersaing dengan Real Madrid.

Dengan tambahan tiga poin, Barca sukses mereduksi selisih poin dengan Madrid (sebelumnya menang 1-0 atas Getafe) dari 10 menjadi hanya tujuh.

Menjamu Sociedad di Camp Nou pada jornada ke-21, Minggu (5/2/2012) dini hari WIB, pelatih Barca Pep Guardiola melakukan sejumlah perubahan dalam skuad. Di lini depan, Pep memasang Isaac Cuenca dan Cristian Tello untuk mendukung kinerja Lionel Messi.

Namun, keputusan ini terbilang cukup tepat. Pasalnya, Tello sukses membuktikan bahwa Pep tidak salah memilihnya untuk jadi starter. Bomber 20 tahun ini sukses membuka keunggulan Barca di menit ke-9.

Gol pertama Tello di La Liga dibukukannya usai meneruskan umpan terobosan Messi. Sontekannya tidak mampu dibenung kiper Sociedad, Claudio Bravo.

Usai gol tersebut, Barca semakin menggila. Di menit ke-17, Messi mendapatkan umpan matang dari Thiago Alcantara. Sayang, sepakan pemain terbaik dunia ini masih mampu digagalkan Bravo.

Dua menit berselang, giliran Thiago yang mendapat peluang menggandakan keunggulan Barca setelah menerima umpan Isaac Cuenca. Sama seperti Messi, sepakan Thiago juga masih bisa dimentahkan Bravo yang tampil cukup apik.

Cesc Fabregas juga punya peluang emas di menit ke-27. Dimanjakan umpan Messi yang sebelumnya meliuk-liuk melewati pemain Sociedad, Fabregas justru gagal menceploskan si kulit bundar, setelah eksekusinya masih melambung.

Di tengah pertarungan yang berlangsung dalam tempo tinggi. Seekor kucing memberikan hiburan, ketika nyelonong masuk ke lapangan di menit ke-36. Fokus publik Camp Nou pun sempat tertuju kepada kucing yang sepertinya ingin juga bermain sepakbola.

Memasuki lima menit terakhir, Barca tercatat masih cukup dominan dengan penguasaan bola sekira 70%. Namun, mereka masih kurang efektif terutama dalam memanfaatkan peluang. Alhasil, hingga turun minum Barca harus puas dengan keunggulan 1-0.

Memasuki babak kedua, Sociedad coba mengambil inisiatif serangan. Di menit ke-51, Sociedad punya peluang emas lewat Antoine Griezmann. Sayang, eksekusi yang dilepaskan bomber asal Prancis dari jarak dekat, justru tepat mengarah ke pelukan Victor Valdes.

Namun, usai peluang tersebut Sociedad kembali dipaksa bermain bertahan. Messi punya dua peluang emas masing-masing di menit ke-59 dan 63. Sayang, dua peluang tersebut gagal berbuah gol. Bravo kembali mampu meredamnya. Ini merupakan peluang keempat yang gagal dikonversi menjadi gol oleh sang bocah ajaib dari Argentina ini.

Di menit ke-68, publik Barcelonista sempat bersorak ketika sepakan Tello kembali menggetarkan gawang Bravo. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena bola sempat membentuh tubuh Dani Alves yang dituding berada dalam posisi offside. Padahal, dalam tayangan ulang, Alves berdiri di dalam gawang Sociedad.

Terlepas dari gol yang dianulir tersebut, Messi akhirnya memecah kebuntuannya di menit ke72. Memanfaatkan umpan lob Alves, Messi sukses mendahului Bravo dan melepas tendangan kaki kiri yang tak kuasa dibendung Bravo yang terlanjur maju. 2-0 untuk Barca.

Unggul 2-0, Barca diprediksi bakal menang mudah. Namun, anak-anak Sociedad langsung mematahkan anggapan tersebut dengan mencetak gol balasan hanya dalam tempo satu menit berselang.

Berawal dari kesalahan Javier Mascherano yang telat bergerak naik dalam menerapkan jebakan offside, pemain pengganti Carlos Vela yang memanfaatkan umpan terobosan Griezmann berhasil lolos dan melepaskan tendangan terarah yang tak kuasa dibendung Valdes. Sociedad berhasil memperkecil ketertinggalan jadi 1-2.

Pertandingan kian berlangsung sengit di sisa 15 menit laga. Barca berupaya mencetak gol demi memastikan kemenangan, sementara Sociedad coba mencetak gol penyeimbang demi mencuri poin di Camp Nou. Sayang, hingga berakhirnya laga tak ada gol tercipta. Barca tetap menang 2-1.

Susunan Pemain:

Barcelona: Valdes, Alves, Adriano, Puyol/Abidal (76’), Mascherano, Fabregas, Thiago, Tello, Cuenca, Jonathan dos Santos/Busquets (76’)/Pique (83’), Messi

Real Sociedad: Bravo, Martinez, Cadamuro, Gonzalez, Berridi, Markel, Aranburu, Prieto/Agirretxe (84’), Pardo/Llorente (77’), Griezmann, Ifran/Vela (58’)

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini