Share

Cuaca dan Lapangan Sintetis, Musuh Timnas U-17

Decky Irawan Jasri (Koran Sindo), Jurnalis · Selasa 31 Januari 2012 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 01 51 567190 95w3j1o1g7.jpg

JAKARTA - Tidak hanya lawan dari tiga negara peserta HKFA International Youth Football Invitation Tournament, yang jadi musuh tim nasional (timnas) U-17. Tapi, cuaca dingin, makanan, dan lapangan sintetis yang digunakan juga jadi faktor-faktor penghalang.

 

Hong Kong sendiri memang tengah memasuki musim dingin. Seperti apa yang pernah disampaikan pelatih timnas U-17 Indra Syafri di hari pertama kedatangan, suhu di Hong Kong saat itu mencapai 8 derajat Celcius. Kondisi itu tentu menyulitkan, apa lagi waktu yang dimiliki Indra Kelana Nasution dkk untuk beradaptasi hanya sedikit.

 

Tidak hanya cuaca dingin yang menggangu, perbedaan makanan Hong Kong dengan yang ada di Indonesia juga jadi salah satu problem. Kondisi-kondisi itu pun semakin bertambah menyulitkan, karena para pemain timnas U-17 akan menjalani laga di rumput sintetis. Kondisi yang mungkin sampai saat ini, belum pernah dirasakannya saat menjalani masa-masa latihan di Tanah Air.

 

"Sebenarnya lawan yang kami hadapi di sana ada tiga. Selain lawan sendiri, cuaca yang sangat dingin, juga lapangan sintetis yang kami belum pernah punya lapangan seperti itu di Indonesia untuk berlatih," ujar pelatih tim nasional (timnas) U-17, Indra Syafri.

 

Apa yang disampaikan Indra, juga diamini kapten sekaligus gelandang timnas muda Merah Putih, Evan Dimas Darmono. Pemain yang selama ini menempa ilmu sepak bola di Mitra Surabaya itu menuturkan, cuaca dan makanan di Hong Kong yang tidak biasa dikonsumsi, juga jadi penghalang.

 

"Cuacanya lagi dingin sekali di sana. Selain itu, untuk makanannya juga sulit. Tidak sesuai dengan apa yang suka kami makan di Indonesia," kata Evan.

 

Namun, jika ditanya siapa lawan terberat. Evan pun menjawab tim tuan rumah Hong Kong. Timnas muda Hong Kong yang hanya mampu dikalahkan dengan skor tipis, 1-0, punya permainan yang sangat menyulitkan skuad timnas muda Merah Putih selama mengikuti ajang HKFA International Youth Football Invitation Tournament.

 

"Hong Kong jadi lawan terberat. Mereka punya pemain-pemain yang juga bagus. Tapi kami bersyukur bisa memulai laga dengan kemenangan dan kemenangan pertama didapat dari tim tuan rumah yang didukung banyak suporter," tandas Evan.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini