Share

Timnas U-17 Langsung Dievaluasi

Decky Irawan Jasri (Koran Sindo), Jurnalis · Selasa 31 Januari 2012 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 31 51 566809 Gn7ykuXC0W.jpg

 JAKARTA - Tim nasional (timnas) U-17 Indonesia yang jadi jawara HKFA International Youth Football Invitation Tournament, akhirnya tiba di Tanah Air. Dan tidak perlu berlama-lama menikmati euforia, karena rencananya Evan Dimas dkk akan langsung dievaluasi.

 

Torehan gemilang memang telah diukir timnas muda Merah Putih. Walau dengan persiapan yang sangat minim, skuad asuhan Indra Syafri mampu memberikan kebanggaan bagi masyarakat pecinta sepak bola Tanah Air. Keberhasil timnas U-17 sebagai jawara turnamen di Hong Kong, tentu jadi pelepas dahaga mandeknya prestasi timnas Indonesia.

 

Tidak main-main, perjalanan timnas U-17 ketangga juara juga patut diapresiasi. Dalam tiga partai yang dijalani, kesemuanya mampu disapu bersih dengan raihan poin sempurna. Pertama, saat menundukan tim tuan rumah Hong Kong, 1-0. Selanjutnya, menghancurkan Makau, 4-1. Dan yang terakhir, mengandaskan perlawanan Singapura, 3-1.

 

"Kami tentu bahagia dengan pencapaian ini. Tapi kami akan tetap melakukan evaluasi. Kami tidak mau terus larut dalam kegembiraan. Karena tim ini mempunyai masa depan yang masih sangat panjang," ungkap Indra, saat dihubungi HATTRICK.

 

Walau belum bisa menyampaikan berapa persen pemain yang akan dipertahankan, Indra tetap berkeyakinan jika sistem degradasi dan promosi akan diterapkan dalam skuad asuhannya. Mantan pelatih timnas U-16 ini merasa, jika sistem seperti itu adalah yang paling baik. Pemain pun paham, jika dirinya tidak bisa menunjukan performa yang maksimal, bisa saja tergusur dari skuad utama timnas U-17.

 

Tidak hanya untuk terus memompa semangat juang pemain, pemberlakuan sistem tersebut sekaligus memberikan kesempatan kepada talenta-talenta muda lainnya. Indra yakin, jika di luar sana masih sangat banyak pemain-pemain yang juga layak untuk bisa ambil bagian membela panji-panji Merah Putih.

 

"Namanya mungkin bukan perombakan, apa yang akan tim pelatih lakukan. Tapi pastinya, akan ada pemain-pemain baru yang benar-benar bagus bisa bergabung. Satu hal, kami ingin sistem promosi dan degradasi tetap berlaku kedepannya," terang pelatih kelahiran Padang, Sumatera Barat, tersebut.

 

Menanggapi rencana anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Bob Hippy, yang ingin mengikutsertakan timnas U-17 di kompetisi Divisi III, hal itu disambut baik oleh Indra. Kenapa dirinya setuju dengan rencana tersebut, karena menurutnya tim yang sudah ada saat ini masih sangat perlu jam terbang dalam bertanding. Dengan ikut dalam satu kompetisi, otomatis akan ada banyak lawan yang akan dihadapi.

 

"Itu jadi salah satu alternatif yang bagus saya kira. Selain akan terus mengasah pengalaman bertanding semua pemain, bermain dalam kompetisi Divisi III akan banyak lawan yang dihadapi. Dan juga dengan karakteristik permainan yang berbeda-beda pastinya," tandas Indra.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini