nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nerlinger: Financial Fair Play Kurang Efektif

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2012 09:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 01 12 50 555744 5pygaojMh3.jpg Foto: Christian Nerlinger dan Bastian Schweinsteiger (Reuters Pictures)

MUNICH - Direktur Olahraga Bayern Munich, Christian Nerlinger menyatakan tidak terlalu antusias dengan kebijakan Financial Fair Play yang digagas UEFA dan sedianya akan diterapkan selepas Euro 2012 nanti.

Menurutnya, kebijakan tersebut tidak akan mencegah upaya klub untuk mendatangkan pemain bintang seperti yang dilakukan klub kaya raya seperti Manchester City dan Chelsea.  Tapi setidaknya, regulasi ini bisa menjadi patokan bagi klub jika ingin berinvestasi yang aman tanpa terkena sanksi.

Intinya, Financial Fair play melarang anggaran pengeluaran klub lebih besar dari pendapatannya. Dalam sebuah kesempatan, Nerlinger mengutarakan keraguannya akan aturan yang berlaku pada musim panas nanti. Akan tetapi, dia menaruh ekspektasi kebijakan ini bisa berdampak luas bagi klub-klub mapan Eropa dalam menjalankan roda perekonomiannya.

Hingga kurun waktu dua dekade, Nerlinger menjelaskan, Die Bayern -julukan Munich masih berada dalam jalur yang konservatif dalam menjalankan bisnis klub, termasuk saat mendatangkan pemain. Itu sebabnya, kondisi keuangan mereka masih tetap stabil sampai kini.

Nerlinger pun membuat pengakuan, Munich tidak pernah menganggarkan dana mendekati angka 50 juta euro hanya untuk membeli seorang pemain. Maklum, dalam rentang waktu 30 tahun terakhir Munich selalu memiliki neraca keuangan yang seimbang.

"Saya tidak yakin dengan financial fair play tetapi saya berharap ini akan berpengaruh . Filosofi Munich selama 20 tahun terakhir adalah mencari keuntungan. Ini bisa datang dari permainan dan semuanya secara bersama, sebagai klub, kami akan bermain memainkan peranan penting," ujar Nerlinger.

"Kami bisa, mungkin menghabiskan 50 juta euro untuk seorang pemain. Tapi kami tidak pernah melakukannya bahkan jika tekanan dari pihak luar sangat tinggi, " urainya.

"Kami tidak akan mengeluarkan 50 juta euro karena dalam 30 tahun, kami telah menunjukkan sisi ekonomi yang seimbang, sesuatu istimewa buat kami juga. Dalam jangka panjang, yang akan sangat sukses," urainya mengakhiri.

(edo)

Berita Terkait

Bayern Munich 2011/2012

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini