Waspada Gairah Tamu

Kukuh Setiawan, Jurnalis · Minggu 08 Januari 2012 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 08 49 553434

BOJONEGORO - Persibo Bojonegoro mewaspadai gairah Persijap Jepara dalam pertandingan Indonesian Premier League (IPL) hari ini di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro. Kendati berstatus tuan rumah, Persibo tidak ingin lengah menghadapi lawannya.

 

Walau masih berkutat di papan bawah, Persijap mengusung semangat tinggi untuk memperbaiki catatan dua kali imbang di laga sebelumnya. Pelatih Persibo Paulo Camargo menilai Laskar Kalinyamat, julukan Persijap, mempunyai gairah yang harus diwaspadai.

 

“Bagaimana pun persijap belum pernah kala, walau selalu imbang di dua pertandingan. Itu bisa menjadi motivasi mereka di pertandingan nanti. Jadi tim harus bisa memanfaatkan faktor kandang semaksimal mungkin,” kata Paulo Camargo kemarin.

 

Pelatih asal Brasil ini melihat Persijap mempunyai sejumlah pemain yang berpotensi merepotkan timnya. Terutama kekuatan pemain asing seperti Julio Lopez, Banaken Bosoken, maupun Kim Sang Duk. Sama halnya seperti Persibo, pemain asing mempunyai peran sangat penting.

 

Walaupun menitikberatkan pada konsentrasi pertahanan, Camargo ngotot memakai formasi menyerang yakni 4-3-3. Menurutnya formasi tersebut memberikan peluang untuk menguasai lapangan sekaligus menambah daya serang. Itu dimaksudkan agar lawan tidak bebas melakukan tekanan.

 

“Formasi tidak berubah, sejauh ini masih 4-3-3. Tapi semua tergantung situasi di lapangan, karena kami kehilangan beberapa pemain,” tambahnya. Ya, Laskar Angling Dharma tak bisa memainkan pemain mudanya yang mengikuti seleksi Timnas U-21, salahnya Wahyu Teguh.

 

Khusus untuk posisi Wahyu Teguh yang selama ini diplot sebagai striker sayap kiri, Camargo mengaku sudah mempunyai pengganti yakni Iskandar. Sementara pertahanan masih belum bisa diperkuat bek jangkung Aris Tuansyah yang belum pulih dari cedera. Samsul Arif kembali bakal menjadi sosok utama di tim oranye.

 

Pada pertandingan sebelumnya di kandang menjamu Persiraja Banda Aceh, Samsul Arif menjadi bintang lapangan. Satu gol dan determinasinya sepanjang laga membuat harapan Boromania kini kembali tetumpu pada pemain asli Bojonegoro tersebut.

 

Sementara, Persijap Jepara yang membawa 18 pemain dalam lawatannya ke Kota Ledre, berhasrat bisa mengejutkan tuan rumah. Pelatih Persijap Agus Yuwono tidak tanggung-tanggung dalam menetapkan target bagi timnya, yakni kemenangan.

 

Menurutnya hasil itu tidak mustahil dicapai jika pemainnya berupaya keras dan meminimalisir kesalahan sepanjang laga. “Persibo mempunyai kekuatan yang tak jauh beda dengan Persijap. Jadi untuk target saya tidak mau tanggung-tanggung. Kalau bisa menang ya kami cari kemenangan,” katanya bersemangat.

 

Mantan arsitek Persidafon Dafonsoro dan Persik Kediri ini sudah melakukan persiapan pada jeda kompetisi lalu dan optimistis timnya mengalami banyak kemajuan. Fokus untuk tim tuan rumah, Agus tertarik melihat penampilan Samsul Arif.

 

Ia sepakat pemain ini harus mendapatkan treatment khusus pada pertandingan nanti. “Dia pemain bagus, ngeyel dan berkelas timnas. Saya melihat di beberapa pertandingan perannya sangat penting. Jadi tentu saja kami sangat berhati-hati menjaga dia,” tandas Agus.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini