nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RD: Indonesia Main Cepat, Galaxy Lebih Efisien

Windi Wicaksono, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2011 03:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 12 01 51 536451 yc812tJNAI.jpg Foto: Pelatih Tim Indonesia Selection Rahmad Darmawan/okezone

JAKARTA - Pelatih Indonesia Selection Rahmad Darmawan menyatakan, tim asuhannya memberikan perlawanan dengan cara yang benar untuk menghadapi LA Galaxy yang notabenenya merupakan juara Major League Soccer (MLS) musim ini.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (30/11/2011), Indonesia Selection hanya kalah tipis 1-0 melalui gol tunggal Robbie Keane di menit ke-14. Meski, kalah, pelatih yang akrab disapa RD ini mengaku banyak yang bisa diambil dari laga persahabatan tersebut.

"Hari ini kita menunjukkan satu contoh, respek kepada lawan tapi dengan cara yang benar. Kita memberikan perlawanan yang maksimal, anak-anak bermain untuk mengalahkan lawan," jelas RD dalam konferensi pers seusai pertandingan, Rabu (30/11/2011) malam.

"Walau hasilnya tidak begitu bagus, paling tidak, saya ingin melihat pemain kita ini ada di mana, kalau jujur bisa saya katakan yang membedakan dua tim ini bahwa, mereka jelas lebih mampu mengatur ritme permainan," terang mantan pelatih Sriwijaya FC ini.

Menurut RD, kelebihan LA Galaxy adalah mampu bermain efisien di babak pertama. Sedangkan, Indonesia dalam beberapa momen bisa menang di kecepatan.

"Skill ini (kecepatan) yang akan kita gali potensi dari pemain kita dengan kelebihan yang kita miliki, tapi tetap bisa bermain seperti mereka dengan efisien, saya mendapat pelajaran yang berharga," paparnya.

"Sementara kita bermain bagus dari belakang dan tengah tapi di depan kita kurang cepat mengatur ritme, sehingga bola cepat hilang," ucap mantan pelatih Persija Jakarta ini.

RD menambahkan, mengenai bagaimana Timnas ke depan, dirinya hanya membantu memberikan gambaran tentang gabungan pemain Timnas senior dan Timnas U-23.

"Anak-anak sudah membuktikan bisa menyulitkan lawan. Mereka sangat efisien, kapan harus keep posisiton dan kapan harus bermain secara tajam," imbuh pelatih yang membawa Timnas U-23 Indonesia meraih medali perak SEA Games 2011 lalu ini.

"Tugas saya memberikan satu gambaran siapa pemain Indonesia ke depan, siapapun nanti pelatihnya silahkan nanti menentukan siapa pemainnya, apakah pemain U-23 layak untuk membela Timnas Senior," tandasnya.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini