Share

Transfer Irfan ke Persija Batal?

Kukuh Setiawan, Koran SI · Jum'at 18 November 2011 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 18 49 531390 2zOCrLA6se.jpg Irfan Bachdim. Foto: Heru Haryono/Okezone.com

MALANG - Transfer penyerang Persema Malang Irfan Bachdim ke Persija Jakarta terancam batal. Manajemen kini menghadapi pilihan sulit kendati sebenarnya sudah mencapai kata sepakat dengan klub pimpinan Hadi Basalamah tersebut.

Persema sebenarnya sudah meluluskan keinginan Irfan hengkang ke ibukota karena ingin berkonsentrasi di tim nasional (timnas). Pembicaraan juga sudah mencapai kata sepakat, yakni transfer berstatus pinjaman hingga akhir musim. Tapi manajemen Persema harus menghadapi pilihan lain.

Pelatih Persema Slave Radovski meminta manajemen tetap mempertahankan striker hasil berdarah Belanda tersebut. Alasannya, selama ini Irfan Bachdim sudah masuk dalam rencana Laskar Ken Arok di kompetisi Indonesian Presmier League (IPL).

Slave juga tidak bisa menjamin bakal menemukan pemain sekaliber dia jika Persema melepas suami Jennifer Kurniawan itu ke Persija. Dengan situasi seperti ini, kemungkinan besar Irfan batal ke Persija. Apalagi antara manajemen maupun agen pemain sendiri belum sempat bertemu secara langsung.

"Manajemen dalam posisi sulit. Di sisi lain Irfan ingin pindah ke Jakarta, sedangkan pelatih Slave Radovski masih menginginkan tenaganya. Sampai sekarang memang belum ada deal tertulis soal peminjaman, walau sebelumnya setuju secara lisan," terang CEO Persema Didied Poernawan.

Didied sendiri mengaku sulit membuat keputusan karena tidak ingin Irfan merasa tak nyaman di Persema karena pernah mengutarakan keinginannya untuk hengkang. Tapi di sisi lain ia tak menampik adanya desakan dari pelatih, dan juga supporter Ngalamania, untuk mempertahankan pemain bintang itu.

Melihat semakin dekatnya kompetisi dan belum adanya pertemuan langsung yang membahas peminjaman sang pemain blasteran, Didied kini pesimistis transfer Irfan bakal terwujud. Di sisi lain ia sedikit lega melihat sikap profesionalisme yang ditunjukkan pemain timnas itu di Persema.

Kendati rumor kepindahan ke Persija sudah ramai di media, Irfan tetap mengikuti rutinitas latihan dan persiapan tim bersama pemain Persema lainnya. "Dia sangat profesional dan tidak terpengaruh situasi. Walau ingin ke Persija, tapi Irfan tetap menghormati kontraknya bersama Persema," tambah Didied.

Irfan terikat kontrak bersama Laskar Ken Arok selama tiga musim dengan total nilai kontrak Rp4,5 miliar atau Rp1,5 miliar per musimnya. Peminjaman ke Persija merupakan jalan tengah karena Irfan ingin hengkang, sedangkan Persija tak mampu membayar transfer fee.

Sayang hingga kini sang pemain masih belum berkomentar ke media terkait status maupun keinginannya hengkang. Namun melihat loyalitas Irfan Bachdim di Persema, tampaknya ia tak keberatan jika proses transfer tersebut dibatalkan.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini