Pembatasan Pemain Persulit Persib

Huyogo Simbolon, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2011 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 20 49 517979 T3nU0uniSl.jpg Pemain Persib berlatih.(foto:Huyogo/SINDO)

BANDUNG – Peraturan baru yang dibuat oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) sebagai pengelola kompetisi profesional tertinggi di Tanah Air soal pembatasan pemain bakal menyulitkan sejumlah klub, termasuk Persib.

 

LPIS baru saja mengeluarkan pembatasan nomor punggung dari 1-50, namun ada satu lagi peraturan sementara yang sudah diterima klub peserta. Peraturan itu adalah pembatasan jumlah pemain yang boleh didaftarkan sebuah klub cuma 25 pemain.

 

"Katanya pendaftaran 25 pemain saja. Kita saat ini punya 26 pemain yang resmi dikontrak,” kata manajer Persib Umuh Muchtar, Rabu (19/10). Terkait berapa total pemain yang akan direkrut dalam kompetisi ini, Umuh mengatakan hal itu belum pasti. Sebab sebelumnya, liga menginginkan hanya 25 pemain yang didaftarkan. Namun Persib mengusulkan untuk merekrut 27 hingga 28 pemain, karena berbagai alasan teknis.

 

Jika Indonesia Primer League (IPL) tetap dengan 24 klub, maka Persib harus menjalani kompetisi yang padat selama satu tahun. Ini membuat pemain rentan cedera. Belum lagi ancaman akumulasi kartu. Tentu saja jumlah 25 pemain tidak cukup.

 

“Kalau jumlahnya tetap 24 tim, maka akan berat bagi tim. Pasti akan kewalahan menjalani kompetisi sepanjang itu,” jelasnya. Saat ini Maung Bandung – julukan Persib – memiliki 26 pemain dalam skuad inti. Dari jumlah itu, manajemen berencana untuk merekrut satu pemain Asia. Karena satu slot untuk pemain dari benua kuning masih tersisa. Di luar itu, manual Liga memang belum dikeluarkan secara resmi oleh PT LPIS.

 

Karena kuota 25 pemain yang boleh didaftarkan tersebut hampir bisa dipastikan bakal menyulitkan klub yang harus melakoni 46 laga sepanjang musim. Menurut Umuh, masalah semakin rumit karena jika aturan tersebut diberlakukan, bukan tidak mungkin Pangeran Biru mencoret dua pemain karena tidak bisa didaftarkan ke PSSI. Meskipun demikian, Umuh berharap hal itu tidak terjadi mengingat semua pemain sudah dikontrak.

 

“Peserta kompetisi musim ini mungkin saja tidak akan diikuti 24 klub. Walaupun pemain dibatasi hanya 25 pemain, tidak masalah asal jumlah pesertanya dikurangi bukan 24 tim,” tutupnya.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini