nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hattrick Cavani Benamkan Milan

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 19 September 2011 03:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 09 19 47 504098 kYsX2zeXaD.jpg Foto: Selebrasi gol Cavani ke gawang Milan. Hattricknya mengantar Napoli menang 3-1 atas Milan/Getty Images

NAPLES - Edinson Cavani jadi aktor protagonis buat Napoli saat menjamu AC Milan pada giornata ketiga Serie A, Senin (19/9/2011) dini hari WIB. Sempat tertinggal lewat gol cepat Alberto Aquilani, Cavani tampil sebagai pahlawan dengan lesakkan tiga gol (hattrick) untuk membawa Il Partenopei menang 3-1.

Duel sengit mewarnai jalannya laga Napoli kontra AC Milan di giornata kedua Serie A, Senin (19/9/2011) dini hari WIB.I Rossoneri sempat unggul melalui pemain anyarnya, Alberto Aquilani, namun langsung dibalas oleh bomber andalan Il Partenopei, Edinson Cavani yang mengemas dua gol untuk membawa Napoli unggul 2-1 di babak pertama.

Bertandang ke markas Napoli di San Paolo, pelatih Milan Massimiliano Allegri kembali menduetkan Alexandre Pato dan Antonio Cassano sebagai ujung tombak. Di tengah, Clarence Seedorf ditemani dua punggawa anyar Antonio Nocerino dan Alberto Aquilani.

Sementara di kubu tuan rumah, allenatore Walter Mazzari tetap mempercayakan juru gedor kepada Ezequiel Lavezzi dan Edinson Cavani. Sementara Marek Hamsik dan Gokhan Inler membantu dari lini kedua.

Pertandingan terbuka langsung mewarnai jalannya laga. Milan yang dilaga pertama hanya meraih satu angka hasil imbang lawan Lazio, langsung mengambil inisiatif serangan dan membuka keunggulan di menit ke-11. Berawal dari pergerakan Cassano di sisi lapangan dan diakhiri dengan mengirim umpan silang ke depan gawang, Aquilani yang masuk dari lini kedua menyambutnya dengan sundulan yang tak kuasa dibendung Morgan de Sanctis. Gol perdana Aquilani membawa Milan unggul 1-0.

Namun, keunggulan Milan tidak bertahan lama. Dua menit berselang, Cavani membuat publik San Paolo bergerumuh setelah mencetak gol penyeimbang 1-1, setelah memaksimalkan umpan tendangan bebas Lavezzi.

Skor sama kuat membuat tempo pertandingan kian meninggi. Kedua tim kerap terlibat jual beli serangan dan menciptakan sejumlah peluang. Di menit ke-36, Cavani kembali jadi aktor utama dibalik keberhasilan Napoli membalikkan kedudukan.

Berawal dari tusukan yang dilakukan Walter Gargano, usai Pato terjatuh karena kontak fisik, dan wasit tidak melihat ada pelanggaran, Gargano berlari ke area pertahanan Milan yang terlihat belum siap. Sampai di pinggir kotak penalti, Gargano memberikan umpan manis ke arah Cavani yang datang dari sisi kanan pertahanan Milan. Tanpa banyak pikir, striker internasional Uruguay langsung melepaskan tembakan yang menghujam deras tiang dekat jala Christian Abbiati. Skor 2-1 untuk Napoli bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Milan kembali mengambil inisiatif serangan. Akan tetapi, bukannya mencetak gol, Milan justru harus kembali kebobolan. Cavani kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk kali ketiga. Memanfaatkan bola pantul Nesta yang menghalau crossing Lavezzi, Cavani langsung menyambutkan dengan sepakan first time yang tak kuasa dibendung Abbiati. 3-1 Napoli kian menjauh.

Tertinggal dua gol, Milan berupaya keras mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, sejumlah peluiang yang didapat selalu mentok di barisan belakang dan De Sanctis yang tampil gemilang. Di menit 70, Pato mendapat peluang memperkecil ketertinggalan timnya. Sayang, tandukannya memanfaatkan umpan silang Cassano hanya melambung di atas mistar.

Melihat timnya kurang daya gedor, Allegri memberi kesempatan Stephan El Shaarawy untuk melakoni debutnya. Playmaker yang dioyong dengan kepemilikan bersama dari Genoa ini masuk di menit ke75, menggantikan Alberto Aquilani. Masuknya, El Shaarawy membuat Milan kian aktif melancarkan serangan.

Namun sayangnya, hingga wasit meniup peluit panjang Milan tak juga mampu mencetak gol tambahan dan harus menyerah 1-3. Dengan hasil ini, Milan harus rela terbenam ke posisi 12 klasemen sementara karena hanya mampu mengemas satu angka di dua laga. Sementara bagi Napoli, kemenangan ini membuat mereka menempel ketat Juventus dan Udinese di puncak klasemen dengan raihan enam poin, hasil dua kemenangan.

Susunan Pemain:

Napoli: De Sanctis, Campagnaro, Cannavaro, Aronica, Inler, Gargano, Maggio, Dossena/Zuniga (77’), Hamsik/Dzemaili (64), Lavezzi/Pandev (82’), Cavani

Milan: Abbiati, Abate, Nesta, Silva, Bonera/Antonini (65’), Van Bommel/Emanuelson (65’), Nocerino, Seedorf, Aquilani, Pato, Cassano

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini