Chelsea Merana di Old Trafford

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 18 September 2011 23:39 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 18 45 504056 yKFWaDtDbs.jpg Foto: Selebrasi Wayne Rooney usai mencetak gol ketiga untuk United atas Chelsea. United akhirnya menang 3-1/Getty Images

MANCHESTER - Manchester United menunjukkan kedigdayaannya di hadapan pesaing utama mereka dalam memburu gelar juara musim ini, Chelsea. Skuad Setan Merah sukses memberi kekalahan perdana buat The Blues dengan skor 3-1, sekaligus menjaga rekor 100 persen kemenangan di Premier League.

Berlaga di Old Trafford, Minggu (18/9/2011) malam WIB, kedua tim langsung memperagakan permainan terbuka. Pelatih Andre Villas Boas tetap menerapkan taktik ofensif dengan menempatkan Juan Mata, Daniel Sturridge dan Fernando Torres di lini depan. Sementara itu, Sir Alex Ferguson menurunkan duet andalannya, Wayne Rooney dan Javier ‘Chicharito’ Hernandez.

Laga sengit langsung mewarnai awal laga. Chelsea yang bertstatus tim tamu mengancam lebih dulu melalui aksi Ramirez pada menit keempat. Beruntung, kiper David De Gea tampil sigap mengawal gawangnya.

United langsung membalas lewat sebuah bola mati (tendangan bebas) yang dieksekusi Ashley Young. Dari sisi gawang, mantan pilar Aston Villa melepaskan umpan ke tiang jauh yang langsung disambar tandukan Chris Smalling yang tidak mampu dibendung Petr Cech. Unggul 1-0 saat laga belum genap 10 menit jadi awal yang bagus buat United.

Tertinggal, Chelsea langsung merespon. Menit ke-26, Juan Mata memimpin sebuah serangan balik, dan kemudian melepaskan umpan ke arah Torres. Pemain termahal Premier League ini pun tidak egois dan memberikan umpan kepada Ramires, meski dirinya punya cukup ruang untuk melepaskan tembakan. Apesnya, Ramires justru gagal mencetak gol, setelah sambarannya terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi De Gea.

Di tengah konsentrasi untuk menyamakan kedudukan. Chelsea kembali harus menerima kenyataan gawang Petr Cech bobol untuk kali kedua pada menit ke-38. Kali ini giliran Nani yang mencatatkan namanya di papan skor. Dalam kondisi dikepung tiga pemain Chelsea, winger timnas Portugal melepaskan tembakan jarak jauh yang tak kuasa dijangkau Cech. 2-0 untuk United.

Unggul dua gol, United tak juga mengendurkan serangan. Alhasil, lima menit berselang, atau di menit akhir babak pertama, Rooney turut menyumbangkan gol, setelah memanfaatkan bola pantul hasil dari sapuan John Terry yang mengenai tubuh Nani. Rooney yang berdiri di depan gawang tak kesulitan menceploskan bola untuk membawa United menutup paruh pertama dengan skor meyakinkan 3-0.

Memasuki interval kedua, Chelsea langsung menggebrak. Masuknya Nicolas Anelka yang menggantikan Lampard membuat daya gedor Chelsea lebih baik. Buktinya, satu menit berjalan di babak kedua, Anelka langsung memberikan kontribusi untuk gol cantik Torres yang mencungkil bola melewati hadangan De Gea. 1-3 Chelsea memperkecil ketertinggalan. Ini merupakan gol perdana El Nino di Premier League musim ini.

Tak ingin Chelsea mendapat angin, United kembali menggebrak dan langsung mendapat peluang emas untuk memperbesar keunggulan di menit 55. Wasit Philip Dowd menunjuk titik putih setelah Nani dijatuhkan Bosingwa setelah sebelumnya sepakannya membentur mistar. Sayangnya, Rooney yang maju sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Terpeleset saat menendang, bola sepakan Rooney hanya menyamping sisi kiri gawang Cech.

Memasuki sisa 30 menit laga, Chelsea masih kesulitan membongkar rapatnya pertahanan United, meski pelatih Andre Villas-Boas sudah memasukkan tambahan striker lain, yakni Romelu Lukaku yang menggantikan posisi Daniel Sturridge.

Di menit ke-70, Fernando Torres mencoba keras memperkecil ketertinggalan The Blues. Torres melepaskan dua tembakan, tapi sayangnya belum membuahkan hasil. Tembakan pertamanya masih mampu diblok De Gea, sementara yang kedua (memanfaatkan bola muntah), masih melintas di atas mistar.

Tujuh menit berselang, giliran United yang kembali mengancam gawang Cech. Rooney nyaris mencetak gol keduanya andai bola hasil sontekannya menyambut umpan silang Patrice Evra, tidak membentur mistar. Javier Hernandez yang coba memanfaatkan bola pantul juga gagal menceploskan bola ke gawang. Chicharito malah mengalami cedera karena berbenturan dengan pemain Chelsea dan digantikan Dimitar Berbatov.

Sepuluh menit sisa laga, Chelsea masih belum menyerah dan terus berupaya mengejar defisit dua gol. Di menit 83, Torres berpeluang besar mempertipis ketertinggalan timnya setelah menerima umpan terobosan Obi Mikel. Sial bagi Torres, usai mengecoh De Gea, tembakannya ke gawang kosong justru gagal menemui sasaran. Ekpresi tak percaya dan malu pun terlihat jelas di wajah pemain termahal Premier League ini.

Jelang pertandingan berakhir, United punya peluang emas menambah keunggulan. Lewat sebuah serangan balik, Rooney berlari sendirian menuju gawang di sisi kanan gawang Cech, dan melepaskan umpan ke arah Dimitar Berbatov. Sayang, sontekan Berba ke gawang kosong masih mampu dihalau Ashley Cole. Hingga berakhirnya laga, United sukses mempertahankan keunggulan 3-1.

Dengan hasil ini, United terus menjaga rekor 100 persen kemenangan di lima laga yang telah mereka lakoni. Kondisi ini otomatis membuat The Red Devils nyaman sendirian di puncak klasemen sementara dengan raihan 15 poin, unggul dua angka dari rival sekotanya Manchester City yang beberapa jam sebelumnya harus puas bermain imbang 2-2 di markas Fulham.

Susunan Pemain:

Manchester United: De Gea, Smalling/Valencia (62’), Jones, Evans, Evra, Nani, Fletcher, Anderson/Carrick (62’), Young, Rooney, Hernandez/Dimitar Berbatov.

Chelsea: Cech, Bosingwa, Ivanovic, Terry, Cole, Ramires, Meireles, Lampard/Anelka (46’), Sturridge/Lukaku, Torres, Mata

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini