Hasil Lengkap Kualifikasi Euro 2012

Achmad Firdaus, Jurnalis · Sabtu 03 September 2011 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 03 51 498327 KgEIuv20TN.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Laga lanjutan kualifikasi Euro 2012 zona Eropa kembali digulirkan, dini hari tadi. Sejumlah tim unggulan sukses meraih kemenangan sekaligus memastikan langkah ke babak utama Euro 2012 di Polandia-Ukraina.

Di Grup A misalnya, Jerman yang menjamu Austria sukses meraih kemenangan 6-2 melalui gol Miroslav Klose (8’), Mesut Ozil (23’ & 47’), Lukas Podolski (28’), Andre Schurrle (84’) dan Mario Goetze di menit akhir pertandingan. Dengan kemenangan ini, skuad besutan Joachim Low pun tampil sebagai tim pertama yang memastikan diri lolos.

Tak hanya sekadar lolos, Der Panzer juga memastikan diri sebagai penguasa di Grup A, setelah mengoleksi poin sempurna. Dari delapan laga yang dilakoni, Phillip Lahm dkk berhasil meraih poin sempurna (24). Dengan raihan ini, maka poin Jerman tak mungkin dikejar pesaing terdekatnya, Turki yang baru mengoleksi 13 poin di sisa tiga laga.

Sementara itu, dua tim lain yang kemungkinan besar bakal menyusul Jerman adalah Italia dan Belanda. Kedua tim kuat ini sama-sama mengoleksi poin penuh atas lawan-lawannya. Italia sukses menundukkan tuan rumah Kep. Faroe lewat gol tunggal Antonio Cassano.

Dengan kemenangan ini, skuad Gli Azzurri kian mengukuhkan posisinya di puncak klasemen Grup C dengan raihan 19 angka dari tujuh laga. Italia hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan diri lolos ke Ukraina-Polandia. Kepastian ini mungkin didapat Daniele De Rossi dkk saat menjamu Slovenia, Rabu (7/9/2011).

Di grup E, Belanda juga tampil trengginas dengan mengecundangi tim gurem, San Marino dengan skor telak 11-0. Kemenangan ini sekaligus menjaga rekor sempurna skuad arahan Bert van Marwijk yang sukses memenangi tujuh laga yang mereka mainkan (21 poin). Sama seperti Italia, Belanda hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan tiket lolos. Wesley Sneijder dkk kemungkinan besar memastikan tiket saat bertandang ke markas Finandia, Rabu (7/9/2011).

Sementara di pertandingan lain, tim-tim unggulan lain juga sukses memetik hasil maksimal di pada laga dini hari tadi. Inggris sukses membenamkan tuan rumah Bulgaria 3-0. Tiga gol kemenangan Skuad Tiga Singa dicetak Gary Cahill (13’) dan dwigol Wayne Rooney (21’ & 45+1).

Dengan kemenangan ini, Inggris tim besutan Fabio Capello berhasil mejauhkan diri dari kejaran Montenegro yang pada saat bersamaan dibekap Wales 2-1. Inggris nyaman di pucuk klasemen sementara Grup G dengan 14 poin dari enam laga, atau unggul tiga angka dari Montenegro di tempat kedua.

Timnas Prancis dan Portugal juga sukses memetik poin maksimal. Prancis berhasil mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup C dengan koleksi 16 poin dari tujuh laga, atau unggul tiga poin dari Bosnia-Herzegovina. Sedangkan Portugal juga berhasil memimpin pertarungan di Grup H, usai melumat tuan rumah Siprus 0-4, lewat dwigol Cristiano Ronaldo, serta Hugo Almeida dan gol Danny di masa injury time.

Dengan kemenangan ini, Portugal berhak memuncaki klasemen sementara, setelah unggul selisih gol atas Norwegia. Dari enam laga yang telah dilakoni, kedua tim sama-sama meraih 13 poin.

Hasil Lengkap Kualifikasi Euro 2012:

Grup A

Azerbaijan 1 – 1 Belgia

Turki 2 – 1 Kazakhstan

Jerman 6 – 2 Austria

 

Grup B

Andorra 0 – 3 Armenia

Russia 1 – 0 Macedonia

Rep. Irlandia 0 – 0 Slovakia

Grup C

Kep. Faroe 0 – 1 Italia

Irlandia Utara 0 – 1 Serbia

Slovenia 1 – 2 Estonia

Grup D

Belarusia 0 – 2 Bosnia-Herzegovina

Luksemburg 0 – 2 Rumania

Albania 1 – 2 Prancis

Grup E

Finlandia 4 – 1 Moldova

Hungaria 2 – 1 Swedia

Belanda 11 – 0 San Marino

Grup F

Israel    0 – 1 Yunani

Georgia 0 – 1 Latvia

Malta    1 - 3    Kroasia

Grup G

Bulgaria 0 – 3 Inggris

Wales 2 – 1 Montenegro

Grup H

Norwegia 1 – 0 Islandia

Siprus 0 – 4 Portugal

Grup I

Lithuania 0 – 0 Liechtenstein

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini