Bekap Portugal, Brasil Muda Rengkuh Trofi Kelima

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 21 Agustus 2011 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 21 51 494470 ZQaPOBo9HM.jpg Foto: Skuad Timnas Brasil U-20 saat menjuarai Piala Dunia U-20 di Kolombia/Reuters

BOGOTA - Skuad timnas Brasil U-20 sukses menorehkan tinta emas di panggung dunia. Skuad asuhan Ney Franco ini baru saja mentasbihkan diri sebagai kampiun Piala Dunia U-20, untuk merebut gelar juara kelimanya, atau menyamai torehan gelar seniornya di Timnas Brasil.

Kepastian skuad A Selecao –tim junior Brasil- menjadi juara didapat usai mengalahkan Portugal 3-2 lewat perpanjangan waktu setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal. Dalam laga final yang berlangsung di Estadio Nemesio Camacho, Bogota, Kolombia, Minggu (21/8/2011) pagi WIB, Brasil sempat unggul pada menit ke-5 lewat Ocsar dos Santos, sebelum akhirnya disamakan Alex Henrique Goncalves, empat menit berselang.

Portugal, yang tengah membidik gelar juara ketiganya di ajang ini, sempat berbalik unggul 2-1 melalui Nelson Oliveira di menit ke-59. Namun, Brasil sukses menyamakan kedudukan sekaligus memaksakan perpanjangan waktu Oscar mencetak gol di menit ke-78. Oscar, striker 19 tahun yang kini bermain untuk Internacional akhirnya tampil sebagai pahlawan Brasil usai mencetak hattrick pada menit ke-111 (masa perpanjangan waktu) sekaligus membawa Brasil menang 3-2.

Sukses Brasil tahun ini merupakan yang kelima sepanjang perhelatan tersebut digelar pertama kali pada 1977. Empat gelar juara sebelumnya direngkuh Brasil pada 1983, 1985, 1993 dan 2003. Dengan hasil ini, Brasil mendekati torehan gelar milik Argentina yang mencatatkan diri sebagai tim yang paling banyak meraih gelar juara Piala Dunia U-20 dengan enam gelar juara.

Kesuksesan Brasil muda ini kian lengkap setelah strikernya Henrique Almeida Caixeta Nascentes yang bermain untuk klub Sao Paulo berhasil merengkuh dua pengharagaan sekaligus. Striker 20 tahun yang akrab disapa Henrique ini terpilih sebagai topskor dengan torehan lima gol dan juga pemain terbaik turnamen.

Perjalanan Brasil sendiri untuk meyabet gelar juara kelimanya ini bisa dibilang cukup berliku. Sempat dibuat keteteran Mesir pada laga perdana penyisihan Grup E dengan hasil imbang 1-1, Brasil mengamuk di dua laga berikutnya dengan menekuk Austria (3-0) dan Panama (4-0) untuk memastikan tiket ke babak 16 besar.

Di babak perdelapanfinal, Brasil sukses memukul Arab Saudi dengan skor telak 3-0. Brasil sempat dibuat repot oleh Spanyol di babak perempatfinal, karena harus melakoni drama adu penalti (4-2) setelah sebelumnya bermain sama kuat 2-2 di waktu normal. Di babak semifinal, A Selecao sukses memukul Meksiko 2-0 dan kemudian mengalahkan Portugal 3-2 lewat perpanjangan waktu di partai puncak.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini