Ambassa Datang, Kenji Hilang

Kukuh Setiawan, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2011 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 12 49 491061

MALANG - Keinginan Persema Malang untuk mendapatkan pelayanan striker Bontang FC Kenji Adachihara nampaknya bertepuk sebelah tangan. Pasalnya, dikabarkan agen Kenji sudah menguak kliennya tersebut bakal berkostum Persiba Balikpapan musim depan.

Salah satu klub yang juga sangat meminati Kenji, yakni Persisam Samarinda, akhirnya juga menyatakan menyerah. Persema sebelumnya sempat bernegosiasi dengan Kenji ketika pemain asal Jepang itu memperkuat Bontang FC di babak play off kontra Persidafon Dafonsoro di Malang.

Jika Kenji benar telah teken kontrak dengan Persiba, maka Persema harus mencari alternatif sebagai tandem Irfan Bachdim di lini depan. Beruntung PSSI menetapkan aturan 3+1 atau empat pemain asing dengan komposisi tiga non-Asia dan satu pemain Asia.

"Kita tetap akan mencari satu striker lagi karena stok di posisi ini masih kurang. Kalau ada pemain target yang gagal, kita cari target lain dalam daftar yang kita susun," ungkap Pelatih Persema Timo Scheunemann. Kenji sejatinya masuk dalam daftar teratas pemain yang diburu Laskar Ken Arok.

Sadar perburuan Kenji cukup terjal, Persema sempat mengalihkan pandangan ke Juan Michel, seorang pemain yang bermain di Liga Hongkong. Namun upaya itu juga gagal karena harga kontrak yang diminta Jean terlalu menjulang untuk kemampuan Persema.

Kendati harus kehilangan Kenji, tampaknya Persema tak menunggu lama untuk melakukan transfer pertamanya musim ini. Pemain yang bakal segera bergabung dengan tim merah adalah Gerard Ambassa Guy, pemain bertahan berusia 32 tahun berdarah Kamerun.

Dijadwalkan pekan ini Ambassa bakal datang ke Malang untuk bertemu dan negosiasi kontrak dengan Persema Malang. "Kalau tak ada kendala rencananya minggu ini Ambassa ke Malang. Semoga pembicaraan nanti bisa lancar," terang CEO Persema Didied Poernawan.

Seperti janji Timo Scheunemann sebelumnya, kedatangan Ambassa ke Stadion Gajayana bakal melalui transfer langsung, bukan proses seleksi. Setelah nantinya ada kecocokan, maka pemain yang dinaturalisasi dan menjadi warga negara Hongkong itu langsung bakal berstatus pemain Persema.

Meraba skenario Timo, Ambassa bakal dijadikan pengganti Benoit Lang yang didepak selepas putaran pertama Liga Primer Indonesia (LPI) silam. Ia bakal berkolaborasi dengan Seme Patrick di posisi bek tengah, apa lagi stok pemain belakang menyusut setelah dilepasnya Munhar.

Sudah menjadi ciri khas Timo, posisi centre back selalu dipilih pemain dengan postur raksasa. Sebelumnya Seme diduetkan dengan Abanda Herman yang kemudian hengkang dari Malang. Sama dengan Abanda, Benoit Lang juga mempunyai postur di atas rata-rata walau kemudian lebih banyak diganggu cedera.

Kegemaran Timo menempatkan bek berpostur besar, terutama asing, membawa korban dengan tergesernya Suroso sebagai bek tengah. Mantan pemain Arema ini lebih banyak membeku di bangku cadangan atau harus rela bergeser sebagai full back kanan.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini