Kim Tetap Pemain Bertahan

Kukuh Setiawan, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2011 00:25 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 27 49 484663 wcGPUkuAeS.jpg Foto: Kim Kurniawan (Google.com)

MALANG - Penampilan pemain naturalisasi Kim Jeffrey Kurniawan mengundang decak kagum di turnamen Battle of The Fantastic Four pekan lalu. Bermain di posisi baru sebagai playmaker, ia justru lebih bersinar dan mencetak dua gol di tiga pertandingan.

Padahal Kim sendiri tak begitu menonjol selama menempati posisi idealnya sebagai full back kiri. Kendati demikian, Pelatih Persema Malang Timo Scheunemann tak tertarik mengubah posisi Kim lebih ke tengah.

Timo bakal tetap mempercayakan posisi gelandang serang kepada pemain asing Ngon Mamoun dan mempertahankan Kim di pertahanan. "Kim tetap sebagai full back. Itu posisi idealnya. Kalau dia bisa bermain di posisi lain, itu sebuah keuntungan bagi tim," sebut Timo kemarin.

Sejak masuk tim Laskar Ken Arok, saudara ipar Irfan Bachdim ini langsung mendapat pos di sektor kiri pertahanan. Namun posisi itu bukan paten, karena di sejumlah pertandingan ia bergeser ke posisi lain, mulai sayap hingga pemain tengah.

Timo melihat Kim masih menjalankan tugasnya dengan baik di pertahanan dan lebih baik dibanding pemain lain di posisi sama. "Saya hanya akan mengubah posisinya ketika tim membutuhkan. Untuk pemain tengah tetap Ngon," tambahnya.

Kim sendiri selepas turnamen di Surabaya lalu mengatakan dirinya sangat enjoy bermain di posisi mana pun. Menjadi gelandang maupun pemain bertahan menurutnya bukan sebuah persoalan, karena ia bisa memainkannya dengan nyaman.

"Mungkin saya adalah salah satu pemain yang paling sering berubah posisi. Itu bukan sebuah masalah. Pelatih tahu kemampuan saya dan di posisi mana pun akan saya jalankan dengan sebaik mungkin," kata saudara kandung model Jennifer Kurniawan ini.

Kim sendiri telah membuktikan dirinya tak hanya mampu bertugas sebagai pengatur serangan, namun juga pencetak gol ulung. Golnya ke jala Persibo Bojonegoro dan Bali Devata diciptakannya dengan nyaman seolah ia bermain di posisi idealnya.

Sementara, setelah rencana perekrutan terhadap Jean Michel tak kunjung menemui kecocokan harga, Persema mengalihkan pandangan ke pemain asing yang tampil di Indonesia Super League (ISL). Informasi menyebutkan striker Bontang FC asal Jepang Kenji Adachihara menjadi peringkat teratas perekrutan Persema.

 

Kenji sudah sempat mejalin negosiasi dengan manajemen Laskar Ken Arok kendati belum ada jawaban pasti apakah ia bakal berkostum Persema. "Negosiasi dengan Jean sangat sulit. Kita mungkin akan mencari pemain asing yang bermain di ISL," kata Timo tanpa menyebut nama.

Tapi diakuinya peresmian kontrak dengan pemain asing berposisi striker tidak bisa dilakukan secepatnya. Sebab Persema sendiri masih menunggu format kompetisi musim depan sebelum menambah pemain.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini