Share

Suarez Pemain Terbaik Copa America

Achmad Firdaus, Okezone · Senin 25 Juli 2011 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 25 418 483766 BElrfAQTsc.jpg Foto: Suarez pemain terbaik Copa/Reuters

BUENOS AIRES - Luis Suarez pantas berbangga di balik kesuksesan Uruguay mencetak sejarah baru di pentas Copa America 2011. Tak hanya membantu timnya jadi juara dan merengkuh trofi juara ke-15, Suarez juga terpilih sebagai pemain terbaik.

Suarez menjadi salah satu aktor utama di balik kesuksesan La Celeste mentasbihkan diri sebagai tim dengan koleksi gelar juara terbanyak pada turnamen tertua di dunia tersebut. Perannya dalam mendulang gol maupun memberikan assist menjadi senjata ampuh Suarez dalam membantu timnya berjaya.

Sebenarnya, Suarez memulai petualangannya di Copa America 2011 dengan biasa-biasa saja. Dari tiga laga yang dimainkan timnya di babak penyisihan grup, striker Liverpool ini hanya mencetak satu gol, yakni saat Uruguay bermain imbang 1-1 melawan Peru.

Lolos ke perempatfinal dengan hanya memetik satu kemenangan dari tiga laga, Uruguay dihadapkan pada lawan sulit, yakni tuan rumah sekaligus favorit juara Argentina. Di laga kali ini, Suarez memang tidak mencetak gol, namun Suarez tetap memegang peranan penting di balik kesuksesan Uruguay menahan imbang Albiceleste 1-1 dan memaksa pertandingan diakhiri dengan adu penalti.

Di babak tos-tosan, Suarez dan rekan-rekan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, sementara di lain kubu, Carlos Tevez gagal menaklukkan kiper Fernando Muslera. Hasilnya, membanggakan. Uruguay berhasil mengeliminasi Lionel Messi cs dan melenggang ke semifinal.

Menapak ke fase krusial, Suarez baru menunjukkan magisnya. Dua gol diborongnya kala membawa La Celeste menang 2-0 atas Peru dan sekaligus membawa Uruguay ke final melawan Paraguay. Di partai puncak, kontribusi Suarez kian terasa nyata setelah mencetak gol pembuka dan memberikan assist yang berujung gol Diego Forlan di akhir pertandingan yang membawa Uruguay tampil sebagai juara dengan kemenangan telak 3-0.

Berdasarkan kontribusi besarnya sepanjang turnamen, Suarez pun akhirnya dinobatkan sebagai pemain terbaik. Bomber andalan Liverpool ini menerima dukungan sebesar 31,7 persen dari pengguna internet di seluruh dan jurnalis sepakbola di zona CONMEBOL.

“Kami harus mengucapkan terima kasih banyak kepada setiap orang yang mendukung kami,” kata Suarez usai pertandingan seperti dikutip situs resmi Copa America, Senin (25/7/2011).

Dengan pencapaiannya ini, Suarez tercatat sebagai pemain Uruguay ketiga yang berhasil menyandang gelar individu prestisius ini. Striker 24 tahun ini mengikuti jejak pendahulunya, Enzo Francsecoli yang melakukannya pada 1995 dan Ruben Sosa yang menggenggam gelar pemain terbaik pada 1989.

Berikut daftar peraih gelar pemain terbaik Copa America:

Robinho (Brasil) – 2007

Adriano (Brasil) – 2004

Amado Guevara (Honduras) – 2001

Rivaldo (Brasil) – 1999

Ronaldo (Brasil) – 1997

Enzo Francescoli (Uruguay) – 1995

Sergio Goycochea (Argentina) – 1993

Leonardo Rodríguez (Argentina) – 1991

Ruben Sosa (Uruguay) – 1989

Carlos Valderrama (Colômbia) – 1987

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini