HUT ke-18, Viking Rindukan Persib Juara

Huyogo Simbolon, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2011 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 16 49 480584 KY244KQuyP.jpg Foto: Harian Seputar Indonesia

BANDUNG - Viking -kelompok pendukung fanatik Persib- akan menggelar perayaan ulang tahun ke-18, Minggu (17/7/2011). Dengan mengangkat tema Persib Juara, serangkaian kegiatan akan digelar dalam sehari penuh. Diperkirakan 30 ribu anggota kelompok yang bernama lengkap Viking Fans Club itu akan menghadiri kegiatan nanti.

Hal itu diungkapkan pentolan Viking Rudi Rahardian, Jumat (15/7/2011). Tema yang diangkat, kata Rudi, yakni sebagai wujud keinginan Viking yang merindukan Persib kembali menggenggam kampiun Liga Indonesia (LI). Sebab, sejak digelarnya LI pertama –saat Persib menjadi juara– hingga kini tidak lagi pernah mencapai prestasi tersebut.

“Bobotoh merindukan juara. Musim depan, Persib harus lebih kompak,” kata Rudi. Menurutnya, pada musim lalu Maung Bandung –julukan Persib– punya kelemahan dalam sisi kebersamaan. “Intinya, musim kemarin kebersamaan kurang. Kebersamaan di luar lapangan maupun di dalam lapangan,” ujarnya lagi.

Saat ini, lebih lanjut Rudi menuturkan, keanggotaan Viking se-Jawa Barat berjumlah 100.000 orang. 30.000 diantaranya merupakan anggota Viking yang tersebar di Bandung dan sekitarnya. Selebihnya merupakan simpatisan. “Yang lebih banyak itu justru simpatisan,” terangnya.

Mengenai pelaksanaan perayaan ulang tahun ke-18, Rudi mengakui tidak ada yang istimewa. Bahkan bila dibandingkan tahun lalu, jumlah massa yang akan hadir nanti justru berkurang. “Barangkali pengaruh Persib musim ini yang nangkring di papan tengah,” jelasnya. Meski demikian, Rudi mengklaim, tiap tahunnya keanggotaan resmi Viking selalu bertambah.

Untuk melengkapi kegiatan perayaan nanti, Viking juga akan menggelar tradisi cuci patung Persib yang berlokasi di jalan Tamblong Bandung.

Menurutnya, pembersihan patung Persib dilakukan karena patung itu merupakan karya dari Pemkot Bandung sewaktu membidani Persib. Kala itu, patung Persib diresmikan Wali Kota Ateng Wahyudi pada 8 Mei 1990. Dalam sejarahnya, patung Persib dibangun usai tim yang berdiri sejak 1933 menjuarai Kompetisi Divisi Utama di era Perserikatan. Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi tersebut, Pemkot Bandung kemudian mendirikan patung replika penyerang Persib kala itu, Ajat Sudrajat.

“Kita berkumpul dulu di sekertariat Viking, lalu bergerak untuk mengadakan cuci patung Persib. Siangnya, baru berkumpul di Sabuga," bebernya.

Khusus untuk kegiatan cuci patung, dia menambahkan, hanya kalangan tertantu saja yang dilibatkan. Diperkirakan hanya 100 anggota saja. Hal itu dilakukan agar menghindari kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi di mana patung didirikan.

"Untuk orang-orang terdekat saja yang tahu. Tapi, setelah itu kita berkumpul semuanya ke Sabuga sebagai silaturahmi dan menyaksikan hiburannya," tandasnya.

(far)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini