Valdes: Edisi 2010/11 Jauh Lebih Kompleks

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2011 02:34 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 21 46 470656 7urZp6pp5j.jpg Foto:Victor Valdes (Reuters Pictures)

BARCELONA – Keberhasilan Barcelona di musim lalu yang berhasil mengawinkan juara La Liga dan Liga Champions tidak membuat Victor Valdes lupa diri. Menurutnya, tantangan di musim depan jauh lebih kompleks.

Sepanjang musim kemarin, sepak terjang El Barca seakan sulit dibendung para pesaingnya. Bahkan, rival abadi mereka, Real Madrid pun kesulitan dibuatnya. Setidaknya, dalam lima La El Clasico sepanjang musim lalu, Barcelona dua kali keluar sebagai pemenang.

Tapi Valdes yang bijaksana menatap musim 2011/12 mendatang tidak mau sesumbar bisa mengulang prestasi serupa, karena menurutnya gesekan yang terjadi antar tim tetap terbuka lebar. Terlebih, Madrid sendiri telah mempersiapkan dengan matang komposisi timnya menyambut musim depan.

“Saya tidak ingin membicrakan Madrid. Saya hanya ingin mendiskusikan Barcelona. Kami tahu musim yang panjang dan berat menanti kami, tapi kami siap untuk menghadapinya,” kata Valdes sebagaimana dikutip El Periodico de Catalunya, Selasa (21/6/2011).

Dia melanjutkan. “Setiap orang mengetahui filosofi saya. Untuk saya, sepakbola mengenai bola dan memenangkan pertandingan. Namun tugas pribadi saya tidak mencetak gol.”

Kendati telah sebulan laga final Liga Champions terlewati, Valdes ternyata masih mengenang momen terindah di Wembely saat dia dan koleganya mengangkat trofi Si Kuping Besar di Inggris, akhir Mei 2011 lalu.

“Bertahun-tahun lalu, Andres Iniesta dan saya memasang target pada diri kami masing-masing dengan tujuan memenangkan Liga Champions. Ini menjadi mimpi kami, Frank Rijkaard masih menjadi pelatih ketika kami memenangkan Liga Champions (musim 2006) pertama kalinya," kenang Valdes.

"Kami ingin membuat sejarah. Itulah kenapa kemenangan di Wembley mungkin menjadi momen terbaik dalam hidup saya,” tutur Valdes mengakhiri.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini