Zanetti: Leonardo = Mourinho

Dewi, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2011 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 21 47 459434 H7r2nV9zZc.jpg Foto: Javier Zanetti/Getty Images

MILAN – Jose Mourinho merupakan pelatih yang mencetak sejarah di Inter Milan. Pencapaiannya kemudian kerap dibanding-bandingkan dengan suksesornya di Giuseppe Meazza.

 

Posisi Mourinho digantikan Rafael Benitez yang terpaksa didepak klub pada Desember tahun lalu menyusul menurunnya penampilan La Beneamata. Kemudian masuk Leonardo Araujo, secara perlahan mampu mengangkat penampilan Inter.

 

Tapi, Leonardo tak mampu mempertahankan gelar Serie A dan Liga Champions musim ini. Satu-satunya peluang Leonardo mempersembahkan gelar adalah di Coppa Italia.

 

Kenyataan ini seolah berbanding terbalik dengan Mourinho, yang mempersembahkan treble winners sebelum akhirnya memutuskan hengkang ke Real Madrid.

 

Tapi, kapten tim Javier Zanetti tetap angkat topi terhadap kinerja Leonardo. Dia bahkan menganggap mantan pelatih AC Milan memiliki level yang sama dengan The Special One.

 

“Saya memberi nilai 10 baik kepada Mourinho maupun Leonardo. Sementara Luigi Simoni dan Hector Cuper sembilan. Roy Hodgson dan Mircea Lucescu delapan,” beber Zanetti mengenai beberapa mantan pelatih Inter.

 

Simone melatih Inter pada 1997-1998 dan memenangi trofi UEFA Cup (sekarang Europa League), sementara Cuper gagal mempersembahkan trofi untuk Inter dalam dua tahun masa baktinya.

 

Sedangkan Hodgson pernah membawa I Nerazzurri ke dfinal UEFA Cup 1997 dan Lucescu yang membesut Inter pada 1998-1999 juga tak mampu mempersembahkan gelar.

(wei)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini