nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inggris Pilih Abstain dalam Bursa Ketum FIFA

Achmad Firdaus, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2011 03:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 05 20 51 458973 cxmiBmHcbx.jpg Foto: Ketua FA David Bernstein mengkonfirmasi pihaknya memilih abstain dalam bursa Ketum FIFA/Getty Images

LONDON - Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) memilih bersikap netral dalam bursa pemilihan Ketua Umum FIFA periode 2011-2015. FA menegaskan tidak akan memberikan dukungannya untuk kedua calon yang akan bertarung, yakni Presiden FIFA saat ini Josep Sepp Blatter maupun penantangnya, Mohamed Bin Hammam.

Pernyataan ini disampaikan langsung Ketua FA, David Bernstein yang menegaskan bahwa pihaknya tidak akan ikut dalam pemilihan Presiden FIFA yang akan digelar pada 1 Juni mendatang. Nampaknya, keputusan FA ini didasarkan ketidakpuasan atas keputusan FIFA beberapa waktu lalu, yang menolak Inggris dan justru memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang.

Inggris menilai, kemenangan Qatar tidak didapat dengan murni, karena mereka telah menyuap sejumlah pejabat FIFA. Bin Hammam selaku Presiden AFC (Asosiasi Sepakbola Asia) yang kebetulan berasal dari Qatar dituding berperan penting ‘kecurangan’ tersebut. Untuk itu, Bernstein pun menegaskan tidak akan memberikan hak suaranya kepada kedua kandidat tersebut.

“Ada laporan yang telah menyebar luas tentang permasalahan ini, yang membuat kami Dewan FA sulit untuk mendukung salah satu kandidat,” ungkap Bernstein seperti dikutip SkySports, Jumat (20/5/2011).

“FA sangat menjunjung tinggi hubungan internasional dan mitra kerja dalam sepakbola. Kami juga sangat ingin berperan aktif dan memberikan pengaruh melalui perwakilan kami di uefa dan FIFA,” sambugnya.

“Kami akan terus bekerja keras untuk membawa perubahan yang kami pikir akan memberikan keuntungan buat sepakbola Internasional,” tandasnya.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini