nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Villa Kemas Dua Gol di Emirates

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Senin 16 Mei 2011 00:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 05 16 45 457388 xP9ZMgeISe.jpg Foto: Darren Bent saat merayakan selebrasi saat mencetak dua gol ke gawang Arsenal (Getty Images)

LONDON – Entah apa yang terjadi pada Arsenal. Sempat tancap gas di awal musim, tim muda  penuh talenta ini hanya bisa meringis setelah mendapat serangkaian hasil buruk di penghujung musim ini.

Penderitaan mereka pun semakin lengkap saat menjamu Aston Villa di Emirates Stadium, Arsenal sudah tertinggal dua gol lebih dulu dalam kurun waktu 15 menit di interval pertama. Ironisnya, mereka hanya mampu membalas satu gol di penghujung laga.

Darren Bent yang didatangkan Villa dari Sunderland menjadi kunci kemenangan Villa dalam pertandingan bertempo cepat ini. Lewat sebuah kontrol akurat di kotak penalti, Bent tidak kesulitan untuk menceploskan tendangan diagonal tanpa bisa dihalau Wojciech Szczesny. 1-0, Villa memimpin.

Defisit satu gol ternyata tidak membuat Arsenal merapatkan barisan pertahanannya. Faktanya, Bent yang lolos dari jebakan off-side kembali membawa The Villans unggul. Kecerdikannya mengarahkan bola ke posisi yang sulit dijangkau Szczesny, membuat pendukung Villa kembali bersorak setelah score-sheet berubah menjadi 2-0.

Asa Arsenal untuk memperkecil sempat tercipta melalui Robin Van Persie. Namun, bomber asal Belanda itu talah berada dalam posisi off-side yang membuat wasit menganulir golnya di menit 18. Arsenal yang telah tertinggal dua gol, coba bermain efektif di kotak 16. Namun inisiatif ini belum jua memberi hasil maksimal buat skuad besutan Arsene Wenger tersebut.

Di menit 30, Jack Wilshere sempat mengajukan protes kepada wasit Michael Oliver karena merasa dilanggar Richard Dunne di kotak penalti. Tapi Oliver tidak menggubris permintaan Wilshere karena mengganggap Dunne tidak melakukakan pelanggaran. Tidak putus asa, Arsenal terus mencari peluang untuk membalas dua gol Villa. Aktornya tidak lain, Van Persie disokong dua winger kreatifnya, Andrei Arshavin dan  Theo Walcott.

Kendati serangan Arsenal dan koordinasi lini pertahanan mereka mulai menunjukkan permainan positif, sejauh ini tim London Utara tersebut belum bisa membobol ke gawang Villa. Kesempatan terakhir Arsenal di babak pertama di dapat Wilshere. Namuan, antisipasi cepat Dunne membuat Arsenal harus menyudahi babak pertama tanpa gol.

Kondisi tidak jauh berbeda terjadi di babak kedua. Arsenal terlihat  kesuitan mengembangkan permainan. Upaya lini tengah mereka untuk menembus sektor pertahanan selalu mentah di kaki defender Villa. Villa yang telah memimpin 2-0 pun menunjukkan sinyal seolah tidak puas dengan hasil yang didapat sejauh ini.

Harus diakui, mobilitas Ashley Young dibantu  Nigel Reo-Coker dan Stewart Downing membuat barisan pertahanan Arsenal ketar-ketir Beruntung, kreasi ketiga gelandang multi talenta itu masih bisa dibaca dengan baik oleh Thomas Vermaelen dkk. Sementara itu, masuknya Marouanne Chamkah belum memberikan kontribusi signifkan bagi The Gunners untuk mengejar defisit dua gol.

Momen Villa untuk mencetak gol tambahan datang dari Young. Namun, karena tendangannya terlalu lemah, Szczesny masih bisa menyelamatkannya dengan mudah.  Peluang Villa untuk memperlebar jarak dengan Arsenal didapat oleh Bent yang seolah menunjukkan diri sebagai pemain terbaik dalam pertandingan tersebut.

Memanfaatkan sepak pojok, Bent nyaris saja berhasil membobol gawang Arsenal untuk ketiga kalinya jika Szczesny tidak sigap melindungi bola. Beruntung, hingga bubaran Arsenal bisa mencipatkan sebiji gol untuk memperkecil kedudukan melalui Van Persie. Tapi gol semata wayang RvP ini tidak banyak membantu Arsenal untuk bangkit dari kekalahan.

Dengan kekalahan 1-2 ini Arsenal harus puas berada di peringkat ketiga dengan koleksi 67 poin. Dan berkah bagi Villa atas kemenangan ini, Villa naik ke peringkat 13 dengan torehan 45 angka.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini