nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luka Chelsea Belum Terobati

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2011 21:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 05 15 45 457381 ddd41Tx6wJ.jpg Foto: Fernando Torres saat bertarung dengan pemain Newcastle United (Getty Images)

LONDON – Menjamu Newcastle United di Stamford Bridge, Chelsea hanya mampu bermain imbang 2-2. Dua gol Chelsea dicetak oleh Branislav Ivanovic dan Alex Sedangkan dua gol balasan Newcastle dilesakkan Jonas Guiterrez dan Ryan Taylor.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Chelsea yang musim ini gagal mempertahakan mahkota Premier League berinisiatif untuk bermain terbuka. Carlo Ancelotti yang menurunkan duet Nicholas Anelka dan Fernando Torres langsung menemukan irama serangan di babak pertama. Kedua pemain itu, dibantu barisan kedua sanggup membangun serangan efektif untuk membuka keran gol lebih dulu di paruh pertama.

Hasilnya, gol cepat Chelsea tercipta empat menit selepas kick-off. Adalah Branislav Ivanovic yang berhasil membawa The Blues unggul lebih dulu. Kerja sama dengan Frank Lampard dan Torres, membuat Ivanovic sukses menjebol gawang Newcastle melalui tendangan voli. 1-0, Chelsea memimpin laga.

Ketinggalan satu gol, ternyata tidak membuat spirit bertanding Newcastle anjlok. Gol penyeimbang dari Jonas Gutierrez di menit 10 seakan merespon mental bertanding Newcastle yang tidak padam. Memanfaatkan assist dari Ryan Taylor, Gutierrez membuat pendukung tuan rumah terhenyak.

Hasil imbang 1-1 ini menggiring kedua kubu untuk meningkatkan kreativitas serangan. Baik Chelsea dan Newcastle sama-sama menampilakan sepakbola menyerang. Namun, Chelsea lebih banyak menekan ketimbang Newcastle. Peluang Chelsea untuk mengubah kedudukan datang dari El-Nino, sayang bola masih bisa dimentahkan dengan baik oleh kiper Newcastle, Tim Krul. Tendengan spekulasi pun dilepaskan gelandang enerjik mereka, Lampar dan Ramires. Tapi sejauh ini, masih nihil.

Pun demikian dengan Newcastle yang masih sulit menjangkau gawang Petr Cech, karena kesigapan pemain belakang tim Ibukota itu yang digawangi John Terry, Alex, dan dan Ashley Cole dalam membendung serangan Newcastle. Duo Bomber Newcastle, P. Lovenkrands dan Shola Ameobi belum bisa menambah keunggulan Newcastle melalui tendangan kerasnya.

Hingga pertandingan usai, kedua tim masih tampil sama kuat dengan skor 1-1. Hanya saja, statistik pertandingan menuliskan, Chelsea telah melepaskan 13 tembakan ke arah gawang. Tiga kali lebih banyak dari The Maggpies yang hanya memuntahkan 10 tendangan.

Di babak kedua, Ancelotti yang melihat anak asuhnya kurang daya gedor menarik keluar Yossi Benayoun dan memasukkan Florent Malouda. Masih kurang puas, Don Carletto mengutus Didier Drogba untuk memaksimalkan serangan Chelsea.

Namun hingga pertengahan babak kedua, rotasi tersebut belum bisa memberikan hasil menggembirakan buat Chelsea.Peluang Chelsea untuk mengubah kedudukan datang dari Terry saat menyambut umpan silang dari sektor sayap lapangan. Tapi bola sundulannya malah bergerak liar di atas mistar gawang.

Selebihnya, pertandingan berjalan monoton. Upaya kedua seteru untuk mengambil pertandingan selalu mentah di barisan belakang. Tapi gol yang ditunggu Chelsea akhirya datang di penghujung laga. Melalui sebuah skema set-pieces, Alex yang maju membantu pertahanan menyambut bola dengan kepalanya untuk menjebol gawang Newcastle. Sekarang, Chelsea kembali unggul 2-1.

Di masa injury time, mental bertanding Newcastle tidak pernah pudar. Bukitnya, Taylor sukses menjaringkan bola ke gawang Cech melalui tandukannya untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah terjadi kemelut di dalam kotak penalti Chelsea.

Apa daya, tidak mungkin bagi Chelsea untuk menambah gol di sisa waktu. Tim Ibukota ini hanya keluar lapangan dengan tertunduk lesu. Kekecewan mereka pun belum terobati atas hasil ini setelah seteru terdekat mereka, Manchester United telah memastikan diri menjadi kampiun Premier League musim ini.

SUSUNAN PEMAIN

CHELSEA : 1-P. Cech, 3-A. Cole, 26-J. Terry, 33-Alex, 2-B. Ivanovic, 8-F. Lampard, 10-Y. Benayoun (15-F. Malouda’84), 7-Ramires (11-D. Drogba’64), 46-J. McEachran (5-M. Essien’85) 9-Fernando Torres, 39-N. Anelka.

NEWCASTLE UNITED:26-T. Krul, 2-F. Coloccini, 16-R. Taylor, 27-S. Taylor, 3-Jose Enrique, 12-D. Simpson, 7-J. Barton, 18-J. Gutiérrez (30-N. Ranger’76), 31-S. Ferguson (25-K. LuaLua’69), 11-P. Lovenkrands (44-Sammy Ameobi’83), 23-Shola  Ameobi.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini