Baggio: Guardiola Pemimpin Sejati

Sebastianus Epifany, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2011 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 14 46 457178 d4oZAjizYC.jpg Roberto Baggio (Foto: Daylife)

LIMA - Legenda hidup Italia Roberto Baggio melontarkan pujian pada pelatih Barcelona Pep Guardiola. Baggio mengklaim sahabat lamanya sebagai sosok pemimpin sejati.

Baggio adalah salah seorang jenius yang diakui sepakbola Italia dan juga dunia. Sempat merumput di tim besar macam Juventus, AC Milan, Inter Milan, hingga akhirnya berlabuh di Brescia.

Pada akhirnya Rondinelle adalah tim terakhir pemain legendaris ini. Di tim ini pulalah, dirinya bertemu dengan Pep Guardiola, yang mengakhiri karier emasnya di Barcelona pada tahun 2001/2002.

Kini, kedua orang tokoh hebat dalam sepakbola Italia dan Spanyol berada di jalur yang berbeda. Pep Guardiola meneruskan karier di sepakbola sebagai pelatih, sementara Roberto Baggio mengabdikan diri pada Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kini, Guardiola telah mereguk sukses sebagai pelatih di tim asal Catalan tersebut. Hal ini tak lepas dari pengamatan Baggio yang kini berada dalam masa tugas di negara Amerika Selatan, Peru.

“Pep Guardiola, yang saya temui sebagai pria muda, selalu menjadi seorang pemimpin, baik sebagai pemuda yang mempelajari sepakbola dan sekarang mengatur terbentuknya kehebatan Barcelona, saya pikir formasi dari tim bahkan terbentuk saat dia sedang tidur” puji Baggio seperti disitat dari Goal, Sabtu (14/5/2011).

Pujian Baggio memang layak untuk disematkan kepada entrenador Blaugrana tersebut. Pembuktian teranyar Guardiola adalah membawa timnya kembali menjadi juara La Liga ketiga kalinya secara beruntun, ketika pekan lalu menahan imbang Levante 1-1.

 

(seb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini