nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maxi Maksimal Tundukkan Fulham

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2011 04:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 05 10 45 455192 n1sOog9ieH.jpg Foto: Maxi Rodriguez melakukan selebrasi setalah mencetak gol ke gawang Fulham (Getty Images)

LONDON – Hat-trick Maxi Rodriguez membawa Liverpool berhasil menembus posisi lima besar  klasemen Premier League setelah meraih kemenangan 2-5 dari tangan Fulham.Bertandang ke Craven Cottage, Liverpool yang mengincar tiket Europa League langsung menampilkan permainan terbuka. Bahkan, Maxi Rodriguez yang diturunkan sebagai starter membuat pendukung The Cottagers langsung terhenyak melalui gol cepatnya satu menit laga baru berlangsung.

Berawal dari kerja sama dengan Luis Suarez, Maxi tidak menemui kesulitan untuk menaklukkan Mark Schwarzer. Memafaatkan bola rebound tendangan Suarez yang gagal diantisipasi Schawarzer, sejurus kemudian Maxi menyambutnya melalui tendangan keras untuk membawa Liverpool memimpin 1-0.

Unggul satu gol membuat The Reds semakin menaikkan tempo permainan. Tim asuhan Kenny Dalglish itu mencoba bermain tak-tis. Hasilnya, di menit ke tujuh, melalui skema serangan dari sektor sayap lapangan, Glenn Johnson yang turut membantu serangan mengirim umpan silang ke kotak enam belas  lansung diteruskan dengan tendangan keras Maxi  yang mengarah ke sudut mati Schwarzer. Kiper asal Australia itu pun hanya diam membisu bola sepakan Maxi menghujam keras gawangnya.

Tertinggal 2-0, Fulham yang bermain di depan publiknya sendiri semakin kehilangan kepercayaan diri. Bahkan, gol ketiga Liverpool bermula dari kesalahan Schwarzer yang gagal menyelamatkan bola hasil sepakan keras Dirk Kuyt di menit 16. Dalam tayangan ulang terlihat, Schwarzer seharusnya bisa menggagalkan gol ketiga Liverpool andai dirinya lebih sigap menangkap bola.

Suarez yang tidak mau ketinggalan untuk mencetak gol coba memberikan tekanan di jantung pertahanan Fulham. Sayang tendangannya masih melambung di atas mistar. Fulham yang semakin kedodoran di pertengahan babak pertama, coba bangkit. Moussa Dambele yang diplot bersama Eidur Gudjhonsen di lini depan berinisiatif untuk memberikan tekanan kepada Pepe Reina melalu tendangan dari kotak penalti.

Hingga di penghujung babak pertama, Reina masih terlalu tanggung buat lini depan Fulham. Skor 3-0 bertahan hingga rehat paruh waktu pertama. Tapi upaya Fulham yang tidak pernah surut untuk memperkceil ketertinggalan akhirnya terjawab di menit 57 melalui Dambele. Bermula dari umpan datar Bobby Zamora, tidak menunggu lama Dambele langsung melepaskan tendangan diagonal yang sulit dijangkau Reina. Sontak pendukung Fulham pun berteriak, mengetahui papan skor kini telah berubah menjadi 1-3.

Liverpool pun langsung merespon cepat kedudukan ini. Maxi yang menjadi bintang dalam pertandingan ini lagi-lagi mengoyak jala Schwarzer untuk ketiga kalinya melalui tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Liverpool pun semakin jauh meninggalkan Fulham 1-4 di menit 73.

Belum puas dengan empat gol, Suarez melengkapi parade gol Liverpool. Lewat aksi individualnya setelah menerima umpan terobosan Jonjo Shelvey striker asal Uruguay itu tidak menemui kesulitan menceploskan bola ke gawang setelah melewati Schwarzer. Liverpool semakin di atas angin dengan keunggulan 1-5.

Namun di penghujung pertandingan Fulham berhasil memperkecil defisit gol menjadi 2-5. Gol kedua Fulham dilesakkan oleh Steve Sidewell lewat tendangan first-time dari luar kotak penalti. Gol dari Sidewell ini menjadi gol terkahir dalam pertandingan tersebut. Atas hasil ini, Liverpool menggeser posisi Tottenham Hotspur di strip ke lima dengan 58 poin. Jalan The Reds untuk meraih tiket Eropa pun semakin terbuka lebar. Sedangkan, Fulham statis di peringkat ke 10 dengan koleksi 35 angka.

SUSUNAN PEMAIN

FULHAM: 1-M. Schwarzer, 3-C. Salcido, 18-A. Hughes, 5-B. Hangeland, 6-C.Baird, 23-C. Dempsey, 7-S. Sidwell, 29-S. Davies (25-B.Zamora’46), 13-D. Murphy, 30-M. Dembele (G. Kakuta’77), 22-E. Gudjohnsen (8-A. Johnson’67)

LIVERPOOL:25-Pepe Reina, 23-J. Carragher, 2-G. Johnson, 37-M. Skrtel, 38-J. Flanagan, 17-M. Rodríguez (10-J.Cole’82), 4-Raul Meireles (33-J. Shelvey’48), 21-Lucas, 26-J. Spearing, 18-D. Kuyt, 7-L. Suarez.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini