Share

United Batal Treble

Muchamad Syuhada, Jurnalis · Minggu 17 April 2011 01:13 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 17 45 446852 9I7xSnxHAF.jpg Pemain Manchester City merayakan gol Yaya Toure/ Foto: Daylife

LONDON - Manchester United gagal mewujudkan mimpi treble winners mereka musim ini. The Red Devils dipastikan tersingkir dari perhelatan FA Cup usai dikalahkan oleh seteru satu kota mereka Manchester City di partai semifinal, Minggu (17/4/2011).

Kedua kubu masing-masing tidak diperkuat oleh bomber andalannya pada laga di Webley ini. United tidak bisa menurunkan Wayne Rooney karena yang bersangkutan masih menjalani sanksi hukuman dari FA, sementara City tanpa Carlos Tevez yang mengalami cedera.

Pada babak pertama ini pertandingan berjalan dengan tempo agak datar. Statistik menunjukkan City unggul dalam penguasaan bola dengan 57 persen.

Namun peluang pertama pada laga ini malah diciptakan oleh Dmitar Berbatov. Tendangan keras striker asal Bulgaria di menit ke-15 yang menghujam ke gawang masih bisa di tepis oleh Joe Hart, bola yang jatuh di muka gawang kemudian kembali dihantam oleh sang bomber, namun sayang masih melambung.

City baru bisa membalas melalui Gareth Barry di menit ke-32. Namun sepakan mantan gelandang Aston Villa hanya melebar di sisi tiang.

Paruh waktu awal ditutup dengan dua peluang berturut-turut dari Yaya Toure dan Nigel De Jong. Tapi lagi-lagi percobaa yang dilakukan keduanya masih belum menemui sasaran. Skor kacamata bertahan sampai turun minum.

Usai jeda permainan kedua kubu terlihat sedikit mengalami peningkatan. The Citizens yang nampak lebih menekan akhirnya bisa memeca kebuntuan tepat di menit ke-52.

Yaya berhasil memotong umpan Michael Carrick di muka area penalti. Pergerakan mantan punggawa Barcelona itu tak mampu dibendung oleh Derren Flatcher dan Nemanja Vidic. Dia kemudian dengan cerdik melepaskan tendangan lemah di antara dua kaki Edwin van der Sar untuk membawa City unggul sementara 1-0.

Tertinggal, United yang tidak dikawal oleh pelatih mereka Sir Alex Ferguson memasukan ‘senjata rahasia’ Javier Hernandez di menit ke-65. Sang Supersub menggantikan Antonio Valencia.

Satu menit berselang United nyaris menyamakan kedudukan. Tendangan bebass dari luar kotak penalti yang diambil oleh Luis Nani menghantam mistar gawang.

Petaka kembali menghampiri kubu United di menit ke-72. Mereka harus tampil dengan 10 pemain setelah Paul Scholes diusir keluar lapangan karena melakukan pelanggaran keras terhadap Pablo Zabaleta. Gelandang senior tersebut menendang paha pemain asal Spanyol ketika berebut bola.

Meskipun kalah jumlah United tetap bisa memberikan tekanan. Sementara City yang tidak mau ambil resiko hanya berusaha mengoptimalkan serangan-serangan balik cepat. Cara itu terbukti ampuh, anak-anak asuh Roberto Mancini berhasil memaksakan kemenangan 1-0 mereka sampai wasit meniup peluit panjang.

Susunan pemain:

MANCHESTER CITY: Hart; Zabaleta, Kompany, Lescott, Kolarov; De Jong, Barry; A Johnson, Yaya Toure, Silva; Balotelli.

MANCHESTER UNITED: Van der Sar: O'Shea, Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Carrick, Scholes, Park, Nani; Berbatov.

(msy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini