nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BTN Ingin Naturalisasi Greg Nwokolo

Edi Yulianto, Jurnalis · Rabu 06 April 2011 22:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 04 06 51 443301 N9oeLyyOeq.jpg Greg Nwokolo (10) merayakan gol Persija Jakarta. Foto: Heru Haryono/Okezone.com

JAKARTA - Timnas Indonesia terus melanjutkan proses naturalisasi. Pemutihan paspor asing akan dilakukan PSSI terhadap tujuh pemain pemain keturunan, salah satunya Greg Nwokolo.

 

Merah Putih masih mencari suplemen. Sebab, mereka harus bersaing pada dua event, seperti SEA Games (SEAG) 2011 dan Pra Piala Dunia 2014. Untuk menjawab tantangan SEAG, timnas tetap akan memutihkan paspor Ruben Wuarbanaran, Diego Michiels, dan Joey Suk. Paspor lokal ketiga nama tersebut dijanjikan keluar Mei. Wakil Bidang Teknis BTN Iman Arif mengatakan, proses naturalisasi Joey Suk dkk mendekati final. “Proses naturalisasi kloter pertama akan selesai pada Mei. Mereka sudah bisa bermain di SEAG,” ungkapnya kemarin.

 

Setelah memastikan paspor lokal mereka, Merah Putih akan melanjutkan program kloter kedua naturalisasi yang dipersiapkan untuk Pra Piala Dunia. Mereka adalah Greg Nwokolo (Persija), Victor Igbonefo (Persipura), Johnny Van Beukering, dan Sergio Van Dijk. Mencuatnya nama Greg yang berasal dari Nigeria terbilang baru.

 

Iman menambahkan, Greg mengajukan sendiri proses naturalisasi. “Kami saat ini sudah memegang dokumen naturalisasi yang diajukan oleh Greg. Kami tinggal memprosesnya. BTN tidak pernah memintanya, tapi Greg mengajukan atas inisiatif sendiri,” lanjutnya.

Timnas sebelumnya sudah melakukan pemutihan paspor pemain asing. Mereka adalah Cristian Gonzales (Persib) dan Kim Jeffrey Kurniawan (Persema). Gonzales sebelumnya sempat bermain untuk timnas di AFF Suzuki Cup 2010, meski Merah Putih finis sebagai runner up.

 

Indonesia kalah agregat gol 2-4 dari Malaysia. Iman mengatakan, proses naturalisasi kloter kedua akan dimulai Mei. “Bulan depan proses naturalisasi mereka akan dimulai. Kami harus menunggu DPR yang sedang reses. Tapi, kami masih harus menunggu konfirmasi pelatih,” ujarnya.

 

BTN menjelaskan, akan melihat performa beberapa nama calon naturalisasi. Merah Putih masih meraba kolaborasi Victor dengan Maman Abdurahman (Persib). Sebelumnya, Maman lebih banyak bahu membahu dengan Hamka Hamzah (Persipura) di poros pertahanan.

 

Timnas juga akan melakukan seleksi ketat atas performa Greg. Efek permainan buruk saat Persija menjamu Persiwa Wamena. Merah Putih juga sudah memiliki Boaz Solossa (Persipura) untuk posisi yang akan diplot bagi Greg. Iman menegaskan, keputusan terakhir tetap ada pada pelatih. “Kami harus melihat performa terakhir mereka dan melaporkan hal ini kepada pelatih. Kami tetap berharap masuknya pemain-pemain tersebut membawa perubahan positif,” tandasnya.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini