Image

Persija Masih Perkasa

Muhayati Faridatun, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2011, 20:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 03 18 49 436511 dkMeLXFt1W.jpg Foto: Ist

BANDUNG - Persija Jakarta kembali menunjukkan dominasinya terhadap Persib Bandung di musim ini. Skuad besutan Rahmad Darmawan sukses menundukkan Maung Bandung 3-2, dalam laga putaran dua Liga Super Indonesia (LSI), Jumat (18/3/2011).

Misi Persib kali ini memang berat. Pasalnya, pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 30 Oktober 2010, Christian Gonzales dkk digunduli Macan Kemayoran tiga gol tanpa balas.

Tentunya, gengsi besar dipertaruhkan di hadapan ribuan bobotoh yang memadati Stadion Si Jalak Harupat. Namun apa yang terjadi dengan anak-anak asuh Daniel Roekito di babak pertama?

Publik Kota Kembang sempat tersentak di menit 8. Peluang emas didapat Abanda Herman yang menyambut tendangan sudut Matsunaga ‘Tsubasa’ Shohei. Sayang, tandukan bek asal Kamerun masih mengarah di sisi kiri gawang Hendro Kartiko.

Di menit 16, gemuruh suara bobotoh terbungkam ketika melihat gawang Markus Haris Maulana dijebol kapten tim Persija, Bambang Pamungkas. Bermula dari umpan manis Greg Nwokolo di sayap kanan, jentikan striker yang akrab disapa Bepe membuka keunggulan Persija 1-0.

Dua menit berselang, tim tamu nyaris menggandakan kedudukan. M. Ilham dikawal seorang pemain belakang Persib di dalam kotak penalti, namun tembakannya masih melambung di atas mistar.

Urung menyamakan angka, tuan rumah justru kembali harus gigit jari. Di menit 40, giliran Olivier Makor yang menggetarkan gawang Persib. Legiun asing asal Liberia memanfaatkan bola muntah dari tembakan M. Ilham yang ditepis kurang sempurna oleh Markus. 2-0 Persija memimpin sementara.

Di masa injury time, El Loco mendapat peluang memecah kebuntuan Maung Bandung. Sayang, bomber kelahiran Uruguay gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang Persija, di mana tembakannya hanya menyusur pelan dan mampu diamankan Hendro Kartiko.

Keunggulan dua gol Persija mengantarkan paruh kedua. Tentunya, Maung Bandung enggan membiarkan ribuan bobotoh pulang membawa kekecewaan. Peluang masih terbuka sepanjang 45 menit tersisa.

Kesabaran pun berbuah hasil, kala babak kedua baru berjalan lima menit. Radovic dijatuhkan Ambrizal di kotak terlarang dan wasit menunjuk titik putih. Tsubasa dipercaya sebagai algojo, dengan tenang mengarahkan bola ke tengah gawang dan tak terjangkau oleh Hendro. Persib mengejar 1-2.

Gol pemain anyar asal Jepang rupanya menyulutkan semangat pasukan Maung Bandung. Serangan demi serangan memberondong gawang Persija, namun tak satupun peluang mampu merubah kedudukan sama imbang.

Alih-alih, petaka justru kembali menghampiri tuan rumah di menit 69. Bermula dari tembakan keras Makor, yang berdiri bebas di tepi garis lintang kotak pertahanan Persib. Bola sempat menghampiri kaki Bepe, sebelum meluncur ke gawang Markus. 3-1 Persija meninggalkan Persib.

Tuan rumah membuka asa, tepat di menit 79. Kali ini, kemelut di depan gawang Persija sukses dimanfaatkan Abanda. Matsunaga menyambut umpan silang dengan tandukan dan jatuh di kaki El Loco, yang dibayangi Hendro. Bola memantul dan Abanda dengan leluasa meneruskan bola ke gawang yang sudah tak bertuan.

Perlahan, Persib mulai mengejar Persija 2-3. Tentunya, tuan rumah berharap bisa memaksimalkan 10 menit tersisa, demi menyamakan kedudukan atau bahkan membalikkan keadaan.

Sayang, tambahan tiga menit dari waktu normal urung berbicara banyak. Sejumlah peluang emas Persib seakan tak dihinggapi Dewi Fortuna, yang menuntun Persija meninggalkan stadion dengan menggondol kemenangan.

(far)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini