UEFA Evaluasi Wasit Barca vs Arsenal

Muhayati Faridatun, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2011 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 09 261 433232 ng6sjKq040.jpg Wasit Massimo Bussaca saat mengusir Robin Van Persie / Foto: Daylife

NYON - Otoritas sepakbola Eropa, UEFA, akan mengambil tindakan terhadap Massimo Bussaca, wasit yang memimpin laga Barcelona versus Arsenal, terkait keputusannya mengeluarkan striker The Gunners Robin van Persie.

Pada laga penentuan babak 16 besar Liga Champions, Rabu (9/3/2011) dini hari WIB, Busacca memberikan dua kartu kuning pada Van Persie (45’, 56’). Arsene Wenger keberatan dengan apa yang menimpa anak asuhnya.

Pelatih asal Prancis menganggap, kartu kuning kedua tidak perlu dikeluarkan lantaran suara gemuruh 90 ribu publik Camp Nou membuat Van Persie tidak mendengar peluit tanda offside. Inilah salah satu pemicu kekalahan 3-1 Arsenal, yang terpaksa angkat koper dari gelaran musim ini.

Wenger melayangkan keberatannya saat jumpa pers, dan terdengar hingga ke telinga UEFA. Seorang juru bicara UEFA mengungkapkan, kinerja Busacca akan dievaluasi namun hasilnya tidak untuk disampaikan ke publik.

“Berdasarkan peraturan disiplin UEFA Artikel 44.4, banding hanya diperbolehkan terhadap kartu kuning di lapangan yang dikarenakan kesalahan identitas,” ungkap sang juru bicara, seperti dilansir Goal.

“Para wasit selalu dievaluasi. Ada pengamat wasit yang bertugas mengevaluasi kinerja wasit. Dalam perjanjian, hal itu akan dipertimbangkan secara internal, tapi kami tidak akan mempublikasikannya,” tegasnya.

(far)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini