Iran Tumbangkan Juara Bertahan

Muchamad Syuhada, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2011 01:45 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 12 51 412915 OiC1J2Yw5W.jpg Gol Imam Mobali ke gawang Irak/ Foto: Reuters

DOHA - Hasil positif diraih Iran saat mengawali langkah di babak penyisihan Grup D Piala Asia 2011. Mereka berhasil menumbangkan juara bertahan, Irak dengan skor 1-2, Rabu (12/1/2011).

Sempat tertinggal awal babak pertama, Iran mampu membalikkan kedudukan lima menit jelang laga bubar. Dua gol Iran masing-masing dihasilkan Gholamreza Rezaei dan Iman Mobali, sedangkan gol Irak disarangkan oleh sang kapten, Younis Mahmoud.

Kedua kubu sudah tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Kombinasi permainan bola pendek dan lambung dipraktekkan oleh mereka.

Irak langsung mencatatkan keunggulan tepat di menit ke-13. Sebuah umpan silang dari sisi kiri disambut tandukan keras Mahmoud di tiang jauh. Kiper Iran, Mehdi Rahmati hanya bisa terperangah menyaksikan bola meluncur deras ke dalam gawang.

Dalam kondisi tertinggal, Iran berusaha bangkit. Mereka mengintensifkan serangan, sehingga berhasil mengepung area pertahanan Irak. Hasil kongkret sendiri baru didapat jelang rehat, tepatnya menit ke-41. Berawal dari kesalahan pemain bertahan lawan saat membuang bola, gelandang Iran mampu mengirim umpan terukur ke dalam kotak penalti dan diselesaikan dengan tenang oleh Rezaei menjadi sebuah gol. Kedudukan imbang 1-1 menyudahi babak pertama.

Pada paruh waktu kedua, Iran mengambil kontrol permainan. Namun, Irak sesekali tetap mengancam lewat serangan balik, bahkan Rahmati tercatat beberapa kali harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Petaka bagi Irak hadir lima menit jelang waktu normal habis. Free-kick dari sisi kiri secara mengejutkan masuk ke dalam gawang yang di kawal Mohammed Kassid. Mobali, sang eksekutor sebenarnya tidak bermaksud menendang langsung, dia ingin mengirimkan umpan ke area pertahanan. Skor 1-2 itu bertahan sampai wasit meniup peluit panjang.

Dengan kemenangan tersebut, Iran berhak memuncaki klasemen sementara Grup D dengan torehan 3 poin. Sementara, Irak harus rela menjadi juru kunci karena Korea Utara dan Uni Emirat Arab berbagi satu poin pada pertandingan sebelumnya.

Susunan pemain:

Irak: Kassid, Shaker (Ibrahim 46'), Saeed, Erhaima, Kareem, Muneer (Kareem 88'), Akram, Abdulzehra, H.Mohammed, I.Mohammed  (Saeed 82'), Mahmood.

Iran: Rahmati, Nosrati, Aghili, Hosseini, Haji Safi, Rezaei, Nekounam, Teymourian, Mobali (Nouri 87'), Gholami (Ansari Fard 84'), Shojaei (Khalatbari 69').

(msy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini