Jawara Asia, Target Malaysia Selanjutnya

Muchamad Syuhada, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2010 02:10 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 30 51 408520 J7orsEImo6.jpg Timnas Malaysia mengangkat trofi AFF Cup 2010/ Reuters

JAKARTA - Sukses menjuarai AFF Cup 2010, Malaysia tidak lantas berpuas diri. Mereka punya target yang lebih tinggi, yaitu menjadi salah satu jawara dari kawasan Asia.

Untuk menggapai cita-cita itu FAM (federasi sepakbola Malaysia) sudah punya perencanaan matang. Ya, mereka akan tetap pada proyek pengembangan pemain muda seperti yang sudah dilakukan dalam beberapa tahun belakangan.

"FAM punya rencana jangka panjang dengan pemain muda. Kami memberikan peluang kepada mereka yang berusia 17 hingga 22 tahun untuk tampil di pertandingan serta turnamen besar," ujar manejer timnas Malaysia Datuk Subahan Kamal dalam konfrensi pers usai pertandingan final kedua melawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (29/12/2010).

"Pemain kami bukan cuma ini, masih ada sekitar 60 lagi yang siap tampil. Mereka dipersatukan untuk beberapa lama, sehingga dalam empat tahun mendatang Malaysia bisa menjadi salah satu kekuatan besar di Asia," sambungnya.

Sementara pelatih Khrisnasamy Rajagopal menyatakan bahwa tidak adanya pemain asing yang bermain di kompetisi domestik telah memberikan efek positif buat pemain lokal. Liga Malaysia sendiri sejak akhir 2007 melarang pemain asing ambil bagian.

"Tidak adanya pemain asing memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk bisa tampil. Saya rasa itu efek positif dan hasilnya adalah tim kami sekarang," cetus Rajagopal.

(msy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini