Empat Kali Indonesia Gagal

Azwar Ferdian, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2010 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 29 51 408493 A113pwxp3V.jpg F: Skuad Timnas Indonesia (Heru Haryono-Okezone)

JAKARTA – Keberuntungan belum berpihak kepada Timnas Indonesia. Publik yang sudah haus akan prestasi, masih harus menunggu lebih lama untuk melihat kejayaan dalam kancah sepakbola, minimal di Asia Tenggara.
 

Merah Putih sebenarnya sudah punya kesempatan untuk menjadi yang terbaik di ajang AFF Cup. Indonesia empat kali sukses menembus partai final, tapi empat kali juga Indonesia harus puas dengan hanya menjadi runner-up.

 

Indonesia kali pertama menembus final pada turnamen Asia Tenggara ini, (ketika itu masih Tiger Cup 2000), dan bersua Thailand. Indonesia menyerah 4-1, dimana ketika itu final masih dimainkan dalam laga satu leg. Hattrick Worrawoot Srimaka plus gol Tanongsak Prajakkata, menutup gol Uston Nawawi di menit 20.

 

Dua tahun kemudian, Indonesia kembali menembus final dan lagi-lagi bersua Thailand. Kali ini final digelar di Jakarta. Sempat tertinggal 2-0, Indonesia mampu membalas melalui Yaris Riyadi dan Gendut Doni. Sayang harus kalah di babak adu penalti. Dua eksekutor Sugiantoro dan Firmansyah gagal menjalankan tugas.

 

Final kembali dirasakan Indonesia dua tahun selanjutnya. Kali ini, Indonesia bersua Singapura dan harus menyerah 2-1. Satu gol hiburan dicetak Elie Eboy dan gol Singapura dilesakan Indra Sahdan Daud dan Agu Chasmir.

 

Terakhir, Indonesia kalah di hadapan publik sendiri setelah menyerah dari Malaysia dengan total agregat 4-2. Hasil kemenangan 2-1 di leg kedua, tidak mampu membawa Indonesia menjadi juara setelah harus takluk 0-3 pada leg pertama.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini