nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Pertama Malaysia

Azwar Ferdian, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2010 21:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 12 29 51 408488 1W9BWMH13Z.jpg F: Selebrasi pemain Malaysia (daylife)

JAKARTA - Malaysia untuk kali pertamanya dalam sejarah keluar sebagai juara AFF Cup 2010, usai mengatasi perlawanan Indonesia. Malaysia memang kalah 1-2 di leg kedua, Rabu (29/12/2010). Namun, Malaysia unggul agregat 4-2, setelah pada leg pertama menang 3-0.
 

Kedua tim memulai laga kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan situasi yang kontras. Indonesia mengusung kewajiban harus menang dengan agregat lebih dari tiga gol. Sebaliknya, Malaysia sudah mengantongi kemenangan tiga gol bisa bermain dengan sedikit lebih tenang.

 

Ketegangan terlihat dari para pemain Indonesia, dimana kontrol bola yang sering salah dan kerap memaksakan umpan jauh, di awal babak pertama. Pelatih Alfred Riedl memasang formasi terbaiknya, minus Oktovianus Maniani yang menjalani skorsing. Posisinya digantikan Arif Suyono.

 

Duet Irfan Bachdim-Christian Gonzales menjadi andalan dalam menekan pertahanan Malaysia. Peluang diperoleh Gonzales dengan mendapat umpan terobosan, sayang masih terjebak offside. Percobaan tendangan Arif Suyono pun masih bisa dibendung bek Malaysia.

 

Hands ball dilakukan oleh Sabre Mat Abu di dalam kotak penalti pada menit 18. Wasit langsung menunjuk titik putih. Sayang, Firman yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugas. Tendangan Firman bisa ditangkap kiper Malaysia, Khairul Fahmi.

 

Umpan silang manis dilakukan oleh Ridwan, mengarah kepada Gonzales, hanya saja sundulan El Loco masih belum menemui sasaran. Begitu juga dengan peluang Ridwan. Umpan terobosan Suyono, gagal dimaksimalkan Ridwan, setelah bola ditangkap Fahmi.

 

Arif Suyono mendapat peluang emas mencetak gol. Sayang pemain Arema Indonesia ini gagal, kendati sudah tinggal berhadapan dengan kiper Malaysia. Bola disundul Arif, tapi terlalu lemah dan mampu ditangkap kiper. Tendangan keras kaki kiri Gonzales, juga masih melambung.

 

Kemelut terjadi di mulut gawang Malaysia pada penghujung babak pertama. Sundulan Hamka Hamzah jatuh tepat di depan garis gawang Malaysia. Hanya mampu disapu pemain belakang Malaysia.

 

Indonesia memang menguasai jalannya babak pertama. Tapi, tidak ada gol yang tercipta dan Merah Putih tetap tertinggal 0-3.

 

Permainan Indonesia sama sekali belum berkembang di babak kedua. Indonesia malah harus kebobolan di menit 54. Safee Sali mampu mencetak gol, melalui serangan balik cepat. Sprint Sali mengalahkan dua bek Indonesia, dengan tenang Sali melepaskan tendangan menaklukkan Markus Haris Maulana.

 

Alfred Riedl memasukan Eka Ramdani dan Bambang Pamungkas, menggantikan Firman Utina dan Irfan Bachdim. Arif Suyono juga ditarik keluar karena cedera dan digantikan oleh Toni Sucipto.

 

Gol yang ditunggu publik Indonesia akhirnya tercipta di menit 72. Pergerakan individu dilakukan dengan baik oleh Ahmad Bustomi. Tendangan Bustomi masih bisa diblok kiper, bola rebound mengarah kepada M Nasuha yang berdiri bebas, tendangan Nasuha pun bersarang di gawang Malaysia.

 

Indonesia kembali mampu menambah gol kedua menit jelang bubaran. Kali ini Ridwan yang mencetak gol, melalui tendangan keras. Skor 2-1 menjadi hasil akhir pertandingan dan hasil ini cukup membawa Malaysia menjadi juara AFF Cup 2010.

Susunan Pemain:

Indonesia: Markus Haris Maulana; Zulkifli Syukur, Maman Abdurrahman, Hamka Hamzah, M Nasuha; M Ridwan, Firman Utina (Eka Ramdani '57), Ahmad Bustomi, Arif Suyono (Tony Sucipto '70); Cristian Gonzales, Irfan Bachdim (Bambang Pamungkas'57).

Malaysia: Khairul Fahmi Che Mat; Mohd Asrarrudin Putra Omar, Mohd Muslim Ahmad, Mohd Fadhli Mohd Shas, Mohd Sabre bin Mat Abu; Ashari Bin Samsudin (Mohd Amri Yahyah '78), Mohd Safiq Rahim, Amar bin Rohidan (Razman Roslan '61), Kunanlan Subramaniam; Norshahrul Idlan Talaha, Mohd Safee bin Mohd Sali (Izzaq Faris Ramlan '90)

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini