nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FIFA Hukum Spanyol & Belanda

Azwar Ferdian, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2010 00:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 08 03 51 359360 QGXXzxGMXB.jpg F: John Heitinga saat menerima kartu merah (daylife)

ZURICH – Badan Sepakbola Dunia (FIFA), memberikan hukuman kepada dua finalis Piala Dunia 2010, Spanyol dan Belanda, akibat rendahnya sikap dan kedisiplinan pada pertandingan final Piala Dunia 2010.
 

Pertandingan yang digelar di Soccer City Stadium, Johannesburg, 11 Juli 2010, diwarnai dengan banyaknya kartu yang diterima oleh pemain dari kedua tim. Wasit asal Inggris Howard Webb total mengeluarkan 14 kartu, termasuk kartu kuning kedua dan kartu merah yang diterima defender Belanda John Heitinga.

 

Tim Matador sendiri keluar sebagai juara dunia untuk pertama kalinya, setelah menang 1-0. Gol semata wayang dicetak oleh gelandang Andres Iniesta, pada masa extra time. Namun, banyak yang mengkritik pertandingan tersebut karena terlalu banyak benturan fisik.

 

FIFA akhirnya memutuskan untuk memberikan sanksi denda kepada dua negara tersebut. Spanyol mendapat denda sebesar 6.000 poundsterling, sementara Tim Oranje didenda lebih besar yakni 9.000 pounds.

 

Perbedaan besaran denda kedua tim ini, dihitung dari banyaknya kartu yang diterima oleh masing-masing tim. Belanda menerima sembilan kartu kuning dan satu kartu merah. Sementara Spanyol mendapat lima kartu peringatan.

(zwr)

Berita Terkait

Piala Dunia 2010

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini