Rekor Spesial Chelsea dengan Ancelotti

Azwar Ferdian, Jurnalis · Senin 10 Mei 2010 04:55 WIB
https: img.okezone.com content 2010 05 10 45 330931 CIgQjSKG17.jpg F: Perayaan gelar juara Chelsea (daylife)

LONDON – Siapa yang meragukan kekuatan Chelsea setelah menjadi juara Premier League di musim ini? Kemenangan fantastis 8-0 atas Wigan Athletic mengantarkan The Blues melangkah ke tangga juara. Chelsea menjadi tim dengan serangan mematikan di bawah asuhan Carlo Ancelotti.
 

Ini bukanlah kemenangan besar pertama The Blues di musim ini. Dengan tangan dingin Carletto, Frank Lampard dkk seakan gemar mencetak banyak gol dalam satu pertandingan. Blackburn Rovers menjadi tim pertama yang dibantai 5-0, pada medio Oktober 2009 lalu. Selanjutnya Bolton Wanderers dicukur empat gol.

 

Sunderland dikalahkan 7-2, di awal Januari 2010 lalu. Aston Villa digebuk 7-1 dan Stoke City juga merasakan pembantaian 7-0. Sementara Manchester United hanya menang 4-0. Karakter total menyerang tanpa belas kasihan, menjadi ciri baru permainan Chelsea.

 

Rekor yang tercipta adalah, Chelsea menceak 103 gol di sepanjang musim ini. Gawang Peter Cech hanya kemasukan 31 gol. Sejarah baru pun tercipta dalam era kompetisi modern Premier League.

 

Chelsea memang bukan tim Inggris yang pertama mencetak lebih dari 100 gol. Tottenham Hotspur pernah melakukannya di musim 1960/1961, dengan mencetak 102 gol. Selanjutnya Spurs menjadi runner-up di musim 1962/62 dan mencetak 111 gol. Tapi, ketika itu seluruh pertandingan sepanjang kompetisi berjumlah 42 laga. Musim ini ganya 38 laga dengan menempatkan 18 kontestan.

 

Carlo Ancelotti juga punya catatan sebagai pelatih Italia yang pertama merebut gelar Premier League. Ancelotti adalah pelatih ketiga asal Italia yang berkarier di Inggris, sebelum Gianluca Vialli dan Claudio Ranieri. Ancelotti menjadi pelatih ketiga yang memberikan gelar juara di di Stamford Bridge, mengikuti Ted Drake dan Jose Mourinho.

 

Catatan rekor juga dibukukan Didier Drogba dengan menjaringkan 36 gol sepanjang musim. Catatan terbaik Drogba selama ini adalah 33 gol, di bawah asuhan Jose Mourinho pada 2006-07. Dia menjadi peraih Sepatu Emas Premier League di musim ini dengan 29 gol.

 

Frank Lampard juga menjadi salah satu sumber gol Chelsea. Kendati bukan berposisi sebagai striker, Lampard mencetak 27 gol, 22 gol diantaranya tercipta di ajang Premier League. Catatan terbaik Lampard hanya mentok di angka 20 gol, itupun di seluruh kompetisi.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini