Share
Reinaldo cetak gol di laga debut. (Foto: @Persija_Jkt)

Persija Jakarta Tundukkan Persiba Balikpapan 2-0, Reinaldo Elias Unjuk Gigi

Ramdani Bur

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 17:00 wib

BEKASI – Persija Jakarta meraih hasil positif saat tampil di lanjutan pekan 19 Liga 1 2017, Sabtu (12/8/2017) sore WIB. Menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Patriot Chandrabhaga, Macan Kemayoran –julukan Persija– menang 2-0.

Turun dengan pola 4-4-2, Persija langsung mengambil inisiatif serangan. Pada menit 11 kampiun Liga Indonesia 2001 hampir membuka keunggulan lewat sundulan Willian Pacheco. Namun, sundulan palang pintu berpaspor Brasil itu masih dapat diantisipasi kiper Persiba, Dian Agus Prasetyo.

Sepanjang babak pertama banyak peluang dibuat Persija. Namun, serangan demi serangan tim asuhan Stefano Cugurra Teco masih mentah di lini pertahanan Persiba racikan Haryadi. Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu The Jakmania –suporter Persija– hadir pada masa injury time babak pertama.

Memanfaatkan umpan jauh Ismed Sofyan, Reinaldo Elias da Costa yang baru didatangkan dari PSM Makassar berhasil merobek gawang Persiba kawalan Dian Agus. Gol itu sekaligus penegasan bahwa PSM telah melakukan kesalahan telah melepasnya. Apalagi di putaran pertama, penyerang kelahiran Brasil berpaspor Australia itu mampu mencetak 9 gol. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Reinaldo benar-benar menjadi momok bagi pertahanan Persiba. Pada babak kedua tepatnya menit 59, penyerang berkepala plontos itu dijatuhkan Yuri Khaerudin di kotak terlarang dan Persija pun mendapat hadiah penalti. Bruno Lopes yang dipercaya sebagai algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Persija 2-0 Persiba.

Tertinggal dua gol membuat Persiba meningkatkan intensitas serangan. Bomber Persiba Bijahil Chalwa hampir membobol gawang Persija pada 72, namun tembakannya masih di atas mistar gawang Persija kawalan Andritany Ardhiyasa.

Skor 2-0 untuk keunggulan Persija berakhir hingga wasit meniup peluit panjang. Berkat kemenangan ini, Persija kukuh di posisi enam dengan koleksi 31 angka. Mereka terpaut 4 poin dari Madura United di puncak klasemen.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 West Bromwich Albion 6
    3 Watford 4
    4 Liverpool 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Sociedad 3
    2 Leganes 3
    3 Valencia CF 3
    4 Athletic Madrid 1
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 Napoli 3
    3 Udinese 0
    4 Bologna FC 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3