Share

Hujan Gol di Laga Pembuka, Arsenal Menang Tipis 4-3 atas Leicester City

Hendry Kurniawan

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 03:52 wib

LONDON – Arsenal sukses mencuri kemenangan di laga pembuka Liga Inggris 2017-2018. Bermain di hadapan publik sendiri, skuad asuhan Arsene Wenger itu sukses melibas Leicester City dengan skor ketat 4-3.

Kemenangan tersebut sekaligus memutus catatan buruk Arsenal. Pasalnya, dalam dua musim terakhir, klub berjuluk Meriam London itu selalu mendera kekalahan kala melakoni pertandingan di laga pembuka Liga Inggris.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, baik Arsenal maupun Leicester sudah saling menerapkan permainan dengan tensi tinggi. Pasalnya, baru 5 menit waktu pertandingan berlangsung, kedua kesebelasan sudah saling mencetak angka.

Arsenal lebih dulu mencetak gol melalui striker anyar mereka, Alexandre Lacazette, di menit kedua. Memanfaatkan umpan silang Elneny, striker berpaspor Prancis itu sukses menanduk bola hingga mengujam gawang Leicester. Papan skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Kendati demikian, tak butuh waktu lama bagi Leicester untuk menyamakan kedudukan. Pada menit kelima, Harry Maguire melepaskan umpan ke dalam kotak penalti Arsenal. Hasilnya, Shinji Okazaki berhasil menanduk bola tersebut dan menyamkan kedudukan. Skor pun sama kuat 1-1.

Selepas gol Okazaki, pertandingan tetap berjalan sengit. Beberapa peluang silih berganti didapat oleh kedua kesebelasan. Pada menit 14, Oxlade-Chamberlain mendapat peluang emas di dalam kotak penalti tim tamu. Namun, sepakannya masih terlalu pelan dan dengan mudah diamankan Kasper Schmeichel.

Pada menit ke-26, skuad asuhan Arsene Wenger itu kembali mendapat peluang emas. Kali ini melalui rekrutan anyar mereka, Sead Kolasinac, yang melakukan tembakan first time. Kendati demikian, sepakannya masih mampu dihalau Schmeichel.

Memasuki menit ke-29, tim tamu akhirnya mampu membalikkan keadaan. Kali ini melalu striker andalan Leicester, Jamie Vardy. Menerima umpan Marc Albrighton, Vardy dengan pastinya melakukan tembakan first time. Bola pun meluncur ke gawang Arsenal tanpa mampu dibenung Cech. Skor kini 2-1 untuk keunggulan Leicester.

Usai mendapat gebrakan dari Vardy, para pemain Arsenal langsung bermain lebih cekatan guna menyamakan kedudukan. Hasilnya pun tak sia-sia, Dany Welbeck sukses menyamakan kedudukan di menit 45+2 usai menerima umpan Kolasinac. Babak pertama pun usai dengan skor sama kuat 2-2.

Babak Kedua:

Babak kedua dimulai dengan serangan yang langsung dibangun oleh Arsenal melalui Mesut Ozil. Pada menit ke-48, gelandang Timnas Jerman itu mencoba melakukan tendangan jarak jauh. Namun sayang bola sepakannya masih tidak tepat sasaran.

Memasuki menit 55, giliran winger Leicester, Riyad Mahrez, yang melakukan serangan. Pasalnya, ketika mendapatkan celah, pemain berkebangsaan Aljazair itu langsung melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti. Kendati begitu, sepakannya masih mampu ditepis Cech.

Satu menit berselang, Leicester akhirnya mampu kembali unggul. Jamie Vardy lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Pada menit ke-56, klub berjuluk The Foxes itu mendapatkan sepak pojok. Mahrez yang menjadi penendang, sukses mengirimkan bola ke jantung pertahanan Arsenal dan Vardy pun dengan sigap menanduknya. Cech yang sudah mati langkah, tak dapat membendungnya. Skor pun berubah 3-2 untuk keunggulan Leicester.

Setelah tertinggal oleh gol Jamie Vardy, nyatanya Arsenal mencoba bangkit lantaran tak ingin dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri. Nyatanya, dua gol dapat mereka sarangkan untuk membalikkan keadaan.

Gol Arsenal di babak kedua yang pertama dicetak oleh Aaron Ramsey pada menit ke-83, Menerima umpan lambung dari Granit Xhaka, Ramsey sukses menyarangkan bola ke dalam gawang Schmeichel. Skor pun berubah 3-3.

Tak lama berselang, tepatnya di menit ke-85, giliran Olivier Giroud yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari tendangan sudut Xhaka, striker berpaspor Prancis itu dengan sigap langsung menanduk bola dan membuat keadaan berbalik. Arsenal kini memimpin dengan skor 4-3.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada lagi gol yang tercipta. Kemenangan yang didapat Arsenal tersebut sekaligus memutus rekor buruk mereka, yang mana selalu kalah di laga pertama Liga Inggris dalam dua musim terakhir. Arsenal juga kini sukses memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2017-2018 dengan torehan tiga poin.

Susunan Pemain:

Arsenal: Cech; Kolasinac, Monreal, Holding (Giroud 67’); Oxlade-Chamberlain, Xhaka, Elneny (Ramsey 67’), Bellerin; Welbeck (Walcott 75’), Ozil, Lacazette

Pelatih: Arsene Wenger

Leicester City: Schmeichel; Simpson, Morgan, Maguire, Fuchs; Mahrez, Ndidi, James (Iheanacho 85’), Albrighton (Gray 88’); Okazaki (Amartey 72’); Vardy

Pelatih: Craig Shakespeare

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0