Share
Chelsea wajib lakukan rotasi di musim 2017-2018. (Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas)

Chelsea Jalani Musim Padat, David Luiz: Pelatih Wajib Rotasi Pemain

Ramdani Bur

Jum'at, 11 Agustus 2017 - 20:05 wib

LONDON – Bek andalan Chelsea, David Luiz, mengimbau pelatih Antonio Conte agar melakukan rotasi pemain saat mengarungi musim 2017-2018. Hal itu karena The Blues –julukan Chelsea– tampil di empat kompetisi (Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris dan Liga Champions) musim ini. Dengan tampil di banyak kompetisi, jelas Conte harus pintar-pintar dalam meracik strategi.

“Musim lalu kami bermain di banyak pertandingan, tapi juga bisa banyak beristirahat dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Di musim ini, kami akan bermain di tengah pekan kemudian lanjut di akhir pekan, jadi ini lebih ke soal istirahat dan merotasi tim karena beberapa pemain akan bermain di Liga Inggris dan sebagian lagi akan bermain di Liga Champions, ini lebih ke soal skuad,” kata Luiz mengutip dari laman resmi Chelsea, Jumat (11/8/2017).

BACA JUGA: Chelsea Sudah Datangkan 4 Pemain, Wenger: Mereka Belum Akan Berhenti Berbelanja

Namun, terkait rotasi pemain, jelas Chelsea membutuhkan skuad yang gemuk untuk merealisasikan hal itu. Masalahnya, Chelsea tak memiliki banyak pemain di beberapa posisi sentral.

Di pos bek misalnya. Dalam pola tiga bek yang diterapkan Conte, Chelsea hanya memiliki lima pemain belakang. Mereka ialah Gary Cahill, Cesar Azpilicueta, David Luiz, Antonio Rudiger dan Andreas Christensen Namun, nama yang disebut terakhir butuh adaptasi, mengingat ini musim penuh pertamanya membela Chelsea setelah lama dipinjamkan ke Borussia Moenchengladbach. Sementara Azpilicueta sewaktu-waktu akan ditarik ke pos wing back kanan menggantikan Victor Moses. Melihat kondisi itu, setidaknya Chelsea wajib mendatangkan dua bek anyar.

BACA JUGA: Selain Dele Alli, Ini 5 Kandidat Pemain Muda Terbaik Liga Inggris 2017-2018

Begitu juga di lini tengah. Dalam pola 3-4-3, Chelsea tak memiliki pelapis sepadan bagi Moses (wing back kanan) dan Marcos Alonso (wing back kiri). Usaha Chelsea mendatangkan Antonio Candreva (Inter Milan – wing back kanan) dan Alex Sandro (Juventus – wing back kiri) tidak membuahkan hasil.

Karena itu, Chelsea tidak dijagokan mampu mempertahankan gelar juara Liga Inggris. Chelsea bahkan diprediksi pandit-pandit takkan finis di posisi dua besar, alias menyelesaikan kompetisi di posisi tiga ke bawah.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 West Bromwich Albion 6
    3 Watford 4
    4 Liverpool 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Sociedad 3
    2 Leganes 3
    3 Valencia CF 3
    4 Athletic Madrid 1
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 Napoli 3
    3 Udinese 0
    4 Bologna FC 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3