Kalahkan Portugal 3-1, Timnas Spanyol Berpeluang Besar Lolos ke Semifinal Piala Eropa U-21 2017

Reza Saputra

Rabu, 21 Juni 2017 - 03:45 wib

GDYNIA – Timnas Spanyol U-21 berpeluang besar untuk dapat lolos ke semifinal Piala Eropa U-21 2017. Kepastian tersebut didapat setelah mereka sukses mengalahkan Portugal dengan skor 3-1 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Miejski, Rabu (21/6/2017) dini hari WIB.

Tambahan tiga angka tersebut semakin memantapkan posisi La Furia Roja di puncak klasemen sementara Grup B dengan raihan enam poin. Sementara itu, Portugal yang mengalami kekalahan masih menempati urutan kedua dengan tiga angka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Spanyol U-21 langsung berusaha untuk mengendalikan jalannya pertandingan begitu peluit dibunyikan. Namun justru Portugal yang berhasil membuat peluang pertama melalui tendangan voli Fernandes di menit enam.

Berawal dari kesalahan Llorente, bola justru jatuh di kaki para pemain Portugal. Mendapat umpan matang, Fernandes melepaskan tembakan voli namun masih melambung di atas mistar.

Kembali, Portugal mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan mereka atas Spanyol. Kali ini giliran Podence yang mengancam gawang Kepa. Sayang, tendangannya dari luar kotak penalti masih membentur mistar gawang.

Spanyol mencoba keluar dari tekanan yang dilancarkan Portugal. Deulofeu mengirimkan umpan terobosan ke kotak penalti, namun usuhanya tersebut masih mampu diamankan dengan baik oleh barisan bertahan Portugal.

Spanyol akhirnya berhasil memimpin 1-0 atas Portugal melalui sepakan keras Saul dari dalam kotak penalti di menit 21. Saul yang menguasai bola berhasil mengecoh empat pemain Portugal sebelum melepaskan tembakan keras kaki kiri yang menghujam deras ke gawang Varela.

Tertinggal satu gol, Portugal mencoba untuk langsung bangkit melalui tendangan Guedes. Namun tembakannya dari jarak 20 kaki masih belum menenui sasaran.

Spanyol kembali mengancam melalaui pergerakan Deulofeu di menit 33. Pemain AC Milan tersebut mengarahkan bola ke tiang jauh namun bola sepakannya masih melebar dari gawang Portugal.

SANDRO!!! Tembakan mantan pemain Barcelona itu hampir saja membahayakan gawang Portugal lima menit jelang turun minum. Namun lagi-lagi, usaha para pemain La Furia Roja masih belum menambah keunggulan mereka.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol membuat Portugal langsung menekan barisan bertahan Spanyol. Usaha pertaha datang dari Fernandes di menit 47 yang melepaskan tembakan keras dari jarak 20 kaki. Namun, tendangannya tersebut masih tepat ke arah Kepa.

ASENSIO!!! Menerima umpan tarik Bellerin, pemain Real Madrid itu berhasil meneruskannya ke arah gawang. Sayang, meski sudah melewati Varela, usahanya tersebut masih bisa diantisipasi oleh Edgar tepat di depan gawang.

Spanyol akhirnya berhasil menambah keunggulan mereka menjadi 2-0 atas Portugal melalui Sandro Ramirez di menit 64. Umpan silang Gerard Deulofeu berhasil dituntaskan dengan baik oleh Ramirez.

Usaha Portugal akhirnya membuahkan hasil di menit 77. Berawal dari umpan lambung yang dilepaskan pemain Portugal berhasil dihalau oleh Bellerin. Bola liar tersebut langsung disambar oleh tembakan first time Bruma dari luar kotak penalti.

Enam menit jelang bubaran, Spanyol mendapat peluang untuk menambah keunggulan mereka melalui sepakan Suarez dari dalam kotak penalti. Sayang, tendangnya tersebut masih melebar dari gawang Portugal.

Jelang berakhirnya babak kedua, Inaki Williams sukses memperlebar jarak menjadi 3-1. Dengan hasil ini, La Furia Roja berpeluang besar untuk lolos ke semifinal Piala Eropa U-21 2017.

Berikut susunan pemain Portugal vs Spanyol:

Portugal: Bruno Varela; Kevin Rodrigues, Ruben Semedo, Edgar Le, Joao Cancelo; Renato Sanches (Ricardo Horta 73’), Ruben Neves, Joao Carvalho (Goncalo Paciencia 66’); Bruno Fernandez; Daniel Podence (Bruma 57’), Goncalo Guedes.

Spanyol: Kepa; Hector Bellerin, Jorge Mere, Jesus Vallejo, Jonny Castro; Saul Niguez, Marcos Llorente, Dani Ceballos; Gerard Deulofeu (Denis Suarez 82’), Sandro Ramirez (Inaki Williams 75’), Marco Asensio (Mikel Merino 90’).

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62