Simon McMenemy puji daya juang skuadnya. (Foto: Istimewa)

Karena Tampil Maksimal, Bhayangkara FC Sukses Tundukkan Persiba di Balikpapan

Amir Sarifudin (Okezone)

Selasa, 20 Juni 2017 - 09:01 wib

BALIKPAPAN - Persiba Balikpapan semakin terpuruk di klasemen bawah Liga 1 2017 dengan poin 4 setelah dipermalukan Bhayangkara FC 1-2 di Stadion Parkesit, Senin 19 Juni 2017 malam WIB.

Persiba harus kecewa di hadapan publiknya setelah gol yang dicetak Guy Junior Nke Ondoua di menit 18 dan gol pemain pengganti Iham Udin Armayn pada menit 83. Sementara gol balasan  Persiba tercipta pada menit 88 melalui sundulan bek Persiba Dirkir ke gawang Awan Setho Raharjo.

Persiba sejak awal mencoba menekan lawan, namun tidak dapat mengembangkan permainan apiknya sehingga seringkali justru persiba tertekan oleh Bhayangkara. Peluang tendangan bebas pada babak pertama sebanyak kurang lebih enam kali tidak mampu dimanfaatkan oleh Marlon Da Silva. Tendangan Marlon selalu diamankan kiper Awan.

Peluang justru terjadi dan diciptakan Bhayangkara saat kemelut bola di depan kotak penalti kiper Kurniawan Ajie. Tentangan atas mampu digagalkan, namun sayang muntahan bola dengan mudah ditendang oleh Nke Ondoua dan gol pun tercipta. Posisi 0-1  untuk keunggulan Bhayangkara FC berakhir hingga babak I.

Pada babak II, Persiba juga kurang mampu bermain dengan skema yang apik. Bahkan sering mengandalkan long passing ke arah Marlon yang dikawal Dutra dan Putu Gede sehingga serangan kerap gagal.

Jelang 20 menit berakhir, Persiba mendapatkan keuntungan setelah pemain depan Wahyu Subo mendapatkan akumulasi kartu kuning sehingga wasit Hadiyana memberikan kartu merah.

Keuntungan ini ternyata kurang dimanfaatkan oleh anak-anak Persiba. Bahkan Simon pelatih Bhayangkara memasukan Ilham Udin Armayn pada menit 78 menggantikan Thiago Furtouoso. Kecepatan Ilham ternyata membuat bek Persiba kecolongan. Ilham berhasil mendapatkan umpan sayap setelah sempat bola ditepis Aji sehingga Ilham pada 83 menciptakan gol tanpa dikawal pemain belakang.

Pelatih Simon MC Menemy menilai laga ini merupakan pertandingan tersulit yang dihadapinya. Menurutnya, laga ini berlangsung keras dan tidak ada bola cantik. “Anak-anak harus keras semua, harus bertarung untuk mendapatkan kemenangan. Bagusnya mereka kerja keras, fight, bertarung sampai menit terakhir bahkan ketika Subo kena kartu merah tidak tahu kok bisa dapat. Tapi anak-anak sudah berjuang bagus sekali,” kata Simon.

Sementara untuk wasitnya dia menilai standarnya sangat kurang. Hal ini tentu tidak bagus bagi pencinta sepakbola. “Kalau standar masih seperti tadi,”kritiknya.

Sementara pelatih Persiba Timo seperti biasa menilai tim sudah berjuang keras. Namun dua kesalahan membuat Persiba kalah. Kesalahan dilakukan pemain muda yang ingin menunjukkan kemampuan namun hal berakibat fatal. “Walaupun kita terus menyerang tapi pertahanan mereka kokoh,” ujarnya.

Dari ulasannya, kesempatan mencetak gol masih sangat kurang, kelemahan bek kiri. “Lagi-lagi defender mereka sangat baik sekali,” tukasnya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62