Share

Sempat Dua Kali Memimpin, Portugal Harus Rela Ditahan Imbang Meksiko

Reza Saputra

Senin, 19 Juni 2017 - 00:04 wib

KAZAN – Timnas Portugal gagal memanfaatkan dukungan penuh suporter yang hadir saat melawan Meksiko pada pertandingan Grup A Piala Konfederasi 2017 di Kazan Arena, Minggu 18 Mei 2017 malam WIB. Bertindak sebagai tuan rumah, anak asuh Fernando Santos harus rela bermain imbang 2-2.

Sebenarnya Portugal berhasil dua kali memimpin atas Meksiko. Namun, gol Hector Moreno di masa injury time memastikan kedua kesebelasan berbagi angka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meksiko mencoba untuk mengendalikan permainan di awal pertandingan. Peluang pertama didapat pada menit enam melalui tendangan bebas yang dieksekusi Guardado. Sayang, tendanganya masih membentur pagar hidup, bola liar jatuh ke kaki Reyes namun sambaran sang bek belum menemui sasaran.

Portugal perlahan mencoba keluar dari tekanan yang diberikan Meksiko. Quaresma mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti di menit 17. Namun, usaha winger itu masih belum menemui hasil.

Goool!! Tuan rumah sukses membuka keunggulan mereka melalui Pepe di menit 21. Namun ternyata gal tersebut harus dianulir karena Nani yang mengirimkan umpan ke Pepe sudah lebih dulu terperangkap offside.

Portugal berhasil membuka keunggulan mereka melalui Quaresma yang sukses memanfaatkan umpan Ronaldo di menit 34.  Berawal dari pergerakan Ronaldo, yang mengirimkan umpan ke kanan, di mana Quaresma berdiri bebas. Tanpa satupun pengawalan, ia sukses mengecoh Ochoa sebelum menceploskan bola ke gawang Meksiko. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Meksiko langsung bereaksi melalui aksi Chicarito empat menit berselang. Mendapat umpan dari Vela, mantan penggawa Manchester United itu berhasil menyundul datangnya bola, namun karena masih lemah, sundulan tersebut berhasil diamankan oleh Patricio.

Tim tamu akhirnya mampu menyamakan kedudukan tiga menit jelang turun minum melalui Chicarito. Berawal dari kesalahan Guerreiro mengantisipasi umpan silang, Vela dengan mudahnya mengirimkan umpan ke tengah yang kali ini berhasil ditanduk dengan baik oleh Chicarito.

Babak Kedua

Seperti di babak pertama, Meksiko langsung mengambil inisiatif menyerang begitu peluit pertandingan dibunyikan. Peluang pertama didapat Jimenez di menit 52. Berawal dari kesalahan Fonte menghalau bola, Jimenez melepaskan tembakan mendatar. Sayang, tendangannya masih melebar.

Meksiko terus mengendalikan jalannya pertandingan. Namun serangan yang terkesan sporadis nyaris tidak membuahkan peluang berarti bagi skuad asuhan Juan Osorio.

Memasuki 10 menit terakhir, kedua tim kembali memainkan permainan terbuka. Peluang berhasil didapat kedua tim dalam kurun waktu menit. Di awali tembakan kencang Quaresma yang berhasil diamankan Ochoa, Meksiko membalas melalui serangan balik cepat namun eksekusi Peralta masih menyamping.

ANDRE SILVA!!! Penggawa anyar AC Milan itu nyaris membawa Portugal kembali unggul di menit 85setelah berhasil menyundul bola umpan dari rekannya di sisi kiri. Sayang, penampilan apik Ochoa di bawas mistar gawang Meksiko berhasil menepis datangnya bola.

Gooolll!!! Tuan rumah akhirnya berhasil mencetak gol di menit 86 melalui Cedric Ricardo dan sekaligus mengubah kedudukan jadi 2-1. Memanfaatkan bola liar, Soares melepaskan tembakan ke arah gawang yang membentur pemain belakang Meksiko sehingga mengecoh Ochoa.

Seakan pertandingan akan dimenangkan oleh tuan rumah, Hector Moreno datang sebagai mimpi buruk. Ia berhasil meneruskan tendangan bebas Jonathan dos Santos untuk menyamakan kedudukan saat pertandingan memasuki masa injury time.

Susunan Pemain:

Portugal: Patrício, Cédric, Pepe, Fonte, Guerreiro, Moutinho (Silva 58’), William Carvalho, André Gomes, Ricardo Quaresma, Cristiano Ronaldo, Nani (Martins 58’).

Meksiko: Ochoa, Salcedo (Araujo 67’), Reyes, Moreno, Layun, Dos Santos, Herrera, Guardado, Vela (Giovani dos Santos 57’), Jimenez (Perelta 79’), Javier Hernandez.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 Huddersfield Town 6
    3 West Bromwich Albion 6
    4 Watford 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 3
    2 FC Barcelona 3
    3 Real Sociedad 3
    4 Eibar 3
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 AC Milan 3
    3 FC Internazionale Milano 3
    4 Napoli 3
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3