Real Madrid. (Foto: Getty Images)

Soccer Time: 5 Alasan Real Madrid Lebih Besar ketimbang Barcelona saat Ini

Tatang Adhiwidharta

Senin, 19 Juni 2017 - 19:30 wib

REAL Madrid musim lalu tampil seakan tak terbendung dengan menunjukkan hegemoninya di dunia sepakbola. Bagaimana tidak, tim asuhan Zinedine Zidane itu tetap mempertahankan permainannya di level tertinggi Benua Biru dengan mempertahankan gelar juara Liga Champions.

Apa yang dicapai El Real sangat sulit untuk dipecahkan oleh tim klub mana pun. Bahkan, Barcelona yang dikenal memiliki permainan indah dalam sepakbola dinilai sulit menyaingi kebesaran Los Blancos.

Berikut adalah 5 Alasan Real Madrid Lebih Besar dibandingkan Barcelona, seperti dikutip dari Sportskeeda, Senin (19/6/2017):

1.       Dari Segi Pelatih

Nama Zinedine Zidane memang lebih besar ketimbang Ernesto Valverde selaku pelatih anyar Barcelona. Namun, Valverde melakukan pekerjaan luar biasa saat melatih Athletic Bilbao. Kendati demikian, belum ada garansi bagi pelatih berusia 53 tahun itu untuk membawa Barca ke level yang lebih tinggi.

Sementara Zidane, pencapaiannya sebagai pelatih El Real begitu sulit disamakan. Buktinya, musim lalu ia membawa klubnya juara La Liga dan Liga Champions.

Zidane sempat dinilai sebagai pelatih yang beruntung. Sebab, pria Prancis itu memiliki skuad jempolan. Pendapat tersebut dipatahkan saat menghadapi Juventus di final Liga Champions. Zidane dengan cerdas mampu membaca permainan lawan, lantas ia mengganti skema permainan anak asuhnya. Kemenangan 4-1 merupakan bukti kepiawaian Zidane!

2.       Trofi Liga Champions

Real Madrid kini telah memenangi tiga trofi Liga Champions dalam empat tahun terakhir, sebuah prestasi luar biasa yang membuat mereka menjadi tim terbaik di dunia saat ini. Raihan tersebut menjadikan mereka sebagai peraih mahkota terbanyak dengan total 12 kali juara.

Los Blancos telah menampilkan pertandingan yang hebat di pentas Eropa dalam beberapa musim terakhir. Hal itu tak mampu dijangkau oleh Barcelona, selain itu, Real Madrid telah menunjukkan kemampuan mereka untuk mempertahankan sebuah eksistensi.

3.       Mengumpulkan Pemain Bertalenta di Lini Tengah

Real Madrid memiliki kedalaman skuad pemain-pemain hebat. Tengok saja ada nama Toni Kroos, Luka Modric, Casemiro, Mateo Kovacic, Isco, dan banyak lagi. Sementara Barcelona memiliki Andres Iniesta dan Sergio Busquets yang merupakan pemain kelas dunia, namun pemain lini tengah lainnya termasuk Denis Suarez, Andre Gomes, dan Rafinha, belum bisa berkembang.

Blaugrana dikenal memiliki lini tengah yang kuat dan itu menjadi kekuatan permainan mereka. Sayangnya, mereka tak memiliki kedalaman skuad, terlebih saat El Barca ditinggalkan Xavi Hernandez.

4.       Kekuatan Finansial

Real Madrid memiliki kekuatan finansial jauh lebih besar ketimbang Barcelona. Proyek Galacticos terus berjalan, selama berada di bawah kendali Florentino Perez.

Lihat saja pemain berlabel dunia bermain untuk Madrid, Gareth Bale, James Rodriguez, Cristiano Ronaldo. Bahkan, Zidane bisa memanfaatkan kekuatan dana yang dimiliki untuk membuat tim yang berbahaya.

Barcelona memang mampu mengeluarkan dana besar di bursa transfer. Namun, mereka hanya bisa mendatangkan pemain tertentu seperti Neymar Jr dan Luis Suarez.

Ada sedikit kabar mengatakan kalau Barcelona mengalami krisis finansial. Tentu ini berbeda dengan Real Madrid yang tak mengalami masalah di sisi keuangan klub.

5.       Cristiano Ronaldo

Ada banyak kalangan menilai Cristano Ronaldo tidak lebih baik dari Lionel Messi. Tentu pendapat itu masuk akal, dengan melihat raihan Ballon d’Or. Namun tak bisa dimungkiri juga CR7 menjadi pemain terbaik dunia saat ini, tengok ia sukses meraih gelar juara Piala Eropa 2016, Liga Champions dan gelar La Liga. Sepertinya mantan pemain Manchester United itu bakal menyamai raihan La Pulga.

Apa yang spesial musim ini bagi Ronaldo? Ia terlihat lebih tajam dan mendapatkan posisi ideal selama diasuh oleh Zidane.

Karena itu, keberadaan Ronaldo menjadi elemen penting Madrid. Di mana ia bisa meraih prestasi individu tertinggi, itulah mengapa El Real sekarang lebih besar dari Barcelona.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62